EGI NURUL HALIZA (2025) STRATEGI PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA DALAM MEWUJUDKAN TRANSJOGJA RAMAH PENYANDANG DISABILITAS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (320kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (16kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (502kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (762kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penyandang disabilitas dalam sebuah keberadaan kelompok masyarakat umum seringkali tidak terlihat karena jumlah sedikit dibanding dengan masyarakat lain dan karena hal tersebutlah ketidaktahuan menyuarakan akan hak sebagai warga negara yang mengakibatkan terpinggirkan dari aspek kehidupan. Transportasi dalam perkembangan memang tidak bisa terlepas dari program pembangunan, untuk menjadikan Transportasi Publik yang ramah disabilitas Pemerintah, dan sektor swasta perlu bekerjasama dalam proses pembangunan yang didalam pembangunan Transportasi Publik ini menyediakan fasilitas dan memudahkan aksesbilitas yang ramah terhadap disabilitas. Menurut Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat No.30 PRT/M/2006 Upaya penyediaan ruang aksesbilitas harus memiliki 4 dasar yang perlu di perhatikan yaitu; Azas kemudahan, Azas kegunaan, Azas kemandirian, Azas keselamatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi azas-azas Kota Inklusif yang digunakan Pemerintah Daerah Kota Yogyakarta dan Mengidentifikasi tantangan dalam implementasi azas-azas Kota Inklusif pada TransJogja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi azas-azas kota Inklusif sebagai berikut: Pertama, kemudahan mengakses TransJogja belum mudah di akses seperti ramp dan anak tangga. Kedua, kegunaan fasilitas TransJogja sudah sesuai dengan fungsi dan posisi dari fasilitas tersebut seperti kursi prioritas dan ruang khusus kursi roda. Ketiga, kemandirian dalam mengakses informasi TransJogja ini sudah memberikan kemandirian untuk disabilitas melalui aplikasi Transjogja, announcer, running text, dan peta rute. Keempat, fasilitas keselamatan berupa terdapat peran petugas yang sangat membantu untuk pengguna TransJogja disabilitas. Kemudian untuk tantangan dalam implementasi azas-azas Kota Inklusif masih belum optimal dan belum memenuhi standar nasional terutama pada keterbatasan lahan yang menjadi hambatan Pemerintah dalam membangun, menyediakaan, memfasilitasi sarana dan prasarana yang ideal, yang di harapkan oleh kalangan disabilitas. Selanjutnya keterbatasan fasilitas sarana dan prasarana, pengelola TransJogja juga harus menyediakan lahan parkir kendaraan untuk para petugas karena untuk kendaraan para petugas sering ditemukan terparkir di ramp, dan jalur pendestrian sehingga hal tersebut menjadi hambatan pengguna disabilitas untuk menuju ke halte.
| Dosen Pembimbing: | Anwar Kholid, Dr., Phil., S.IP., M.IP | NIDN505028604 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | The bearer Disability, TransJogja , Yogyakarta City |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Pemerintahan |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 09 Jul 2025 05:32 |
| Last Modified: | 09 Jul 2025 05:32 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51805 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
