SALSABILA AYU SULISTYANINGRUM (2025) PENGALAMAN SOSIALISASI PROFESIONAL MAHASISWA KEPERAWATAN TERKAIT PERAN DOSEN PEMBIMBING AKADEMIK DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (836kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (459kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (794kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (661kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (768kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Latar Belakang: Sosialisasi profesional merupakan landasan dalam praktik keperawatan yang efektif. Berfokus pada internalisasi nilai-nilai dan karakter profesi perawatan serta membentuk identitias profesional. Pendidikan keperawatan memiliki peranan penting sebagai jembatan untuk memberikan transisi yang adekuat dan memfasilitasi sosialisasi profesional dari akademik ke lingkungan praktik klinik. Tujuan: Mengeksplorasi pengalaman mahasiswa angkatan 2021 terhadap peran antara dosen pembimbing akademik dalam memberikan sosialisasi profesional Metode Penelitian: Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi deskriptif. Partisipan berjumlah 12 orang mahasiswa keperawatan semester 8 Program Studi Keperawatan UMY. Penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam pada Januari sampai Maret 2025 dengan menggunakan metode Colaizzi. Hasil Penelitian: Penelitian ini menghasilkan 4 tema dan 15 subtema. Diantaranya yaitu: peran DPA terkait sosialisasi profesional. Diantaranya edukator: pengajaran perilaku di akademik, edukator: gambaran di klinis, konsultan dalam menyelesaikan masalah, motivator: peningkatan nilai IPK, motivator: karir perawat masa depan. Role model sebagai perawat professional diantaranya memiliki Pendidikan tinggi, perilaku perawat professional, perilaku perawat profesional Islami. Hambatan dalam proses sosialisasi profesional diantaranya, pasif dalam berkomunikasi, keterbatasan waktu dalam memberikan sosialisasi professional, berfokus pada nilai akademik, kurang informasi peranan DPA dan profesi keperawatan. Harapan peningkatan peran DPA diantaranya pertemuan intensif, pendampingan, dan sosialisasi profesional yang adekuat. Kesimpulan: Pengalaman mahasiswa keperawatan terkait peran dosen pembimbing akademik dalam memberikan sosialisasi profesional memiliki banyak peran yang bervariasi. Hal ini berdasarkan pengalaman mahasiswa ketika berinteraksi dengan dosen pembimbing akademik baik secara akademik maupun klinis.
| Dosen Pembimbing: | Wulan Noviani, S.Kep., Ns., M.M., Ph.D. | NIDN0516118603 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | professional socialization, academic advisor, nursing students |
| Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Keperawatan |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 09 Jul 2025 05:21 |
| Last Modified: | 09 Jul 2025 05:21 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51812 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
