HILDA SEPTIANI (2025) ANALISIS KESELAMATAN JALAN PADA RUAS JALAN KENTENG - CANGAKAN KM 3.1-KM 6.3, KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Meningkatnya jumlah penduduk berbanding lurus dengan bertambahnya jumlah pengguna kendaraan dan berpengaruh pada meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas, termasuk di Jalan Kenteng - Cangakan Km 3.1 - Km 6.3 Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengidentifikasi jumlah dan karakteristik kecelakaan, menganalisis kondisi jalan dengan audit keselamatan jalan, menganalisis kecepatan kendaraan, dan menganalisis konflik kecelakaan. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan Microsoft Excel berdasarkan analisis data dengan metode Traffic Conflict Technique (TCT). Hasilnya menunjukkan pada karakteristik kecelakaan persentase tipe kecelakaan di Ruas Jalan Kenteng - Cangakan Km 3.1 - Km 6.3 sejak tahun 2022 - 2024 adalah kecelakaan tunggal 37.5%, Depan - Samping 38%, dan kecelakaan tunggal 50%. Tingkat luka korban sejak tahun 2022 - 2024 adalah luka ringan dengan sepeda motor sebagai mayoritas kendaraan yang terlibat konflik. Sebaran distribusi frekuensi kecepatan dari sepeda motor, Light Vehicle (LV), dan Heavy Vehicle (HV) secara berturut - turut adalah 38.46%, 41.18%, dan 66.67%. Hasil survei untuk audit keselamatan jalan berdasarkan Pedoman Bidang Lingkungan dan Keselamatan Jalan No. 03/ P / BM /2024 menjelaskan bahwa Ruas Jalan Kenteng – Cangakan Km 3.1 – Km 6.3 termasuk ke dalam jalan kabupaten dan jalan kolektor primer. Lebar jalan 5 meter, dengan kondisi beberapa marka perlu diperbaiki. Distribusi frekuensi sepeda motor sebesar 35.10% pada pagi hari dan 38.46% pada sore hari. Potensi Kecelakaan yang terjadi pada Ruas Jalan Kenteng – Cangakan Km 3.1 – Km 6.3 berdasarkan hasil penelitian adalah jenis Depan – Samping dengan kendaraan Sepeda Motor mendominasi terlibat konflik kecelakaan.

Dosen Pembimbing: Noor Mahmudah, Dr. Ir., S.T., M.Eng., IPM., ASEAN Eng. | NIDN0003107001
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Speed, Road Safety, Traffic Conflict, Traffic Conflict Technique (TCT), Kulon Progo
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Bima
Date Deposited: 09 Jul 2025 05:19
Last Modified: 17 Jul 2025 04:11
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51815

Actions (login required)

View Item View Item