HILDA SEPTIANI (2025) ANALISIS KESELAMATAN JALAN PADA RUAS JALAN KENTENG - CANGAKAN KM 3.1-KM 6.3, KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (4MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (3MB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (573kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Meningkatnya jumlah penduduk berbanding lurus dengan bertambahnya jumlah pengguna kendaraan dan berpengaruh pada meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas, termasuk di Jalan Kenteng - Cangakan Km 3.1 - Km 6.3 Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengidentifikasi jumlah dan karakteristik kecelakaan, menganalisis kondisi jalan dengan audit keselamatan jalan, menganalisis kecepatan kendaraan, dan menganalisis konflik kecelakaan. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan Microsoft Excel berdasarkan analisis data dengan metode Traffic Conflict Technique (TCT). Hasilnya menunjukkan pada karakteristik kecelakaan persentase tipe kecelakaan di Ruas Jalan Kenteng - Cangakan Km 3.1 - Km 6.3 sejak tahun 2022 - 2024 adalah kecelakaan tunggal 37.5%, Depan - Samping 38%, dan kecelakaan tunggal 50%. Tingkat luka korban sejak tahun 2022 - 2024 adalah luka ringan dengan sepeda motor sebagai mayoritas kendaraan yang terlibat konflik. Sebaran distribusi frekuensi kecepatan dari sepeda motor, Light Vehicle (LV), dan Heavy Vehicle (HV) secara berturut - turut adalah 38.46%, 41.18%, dan 66.67%. Hasil survei untuk audit keselamatan jalan berdasarkan Pedoman Bidang Lingkungan dan Keselamatan Jalan No. 03/ P / BM /2024 menjelaskan bahwa Ruas Jalan Kenteng – Cangakan Km 3.1 – Km 6.3 termasuk ke dalam jalan kabupaten dan jalan kolektor primer. Lebar jalan 5 meter, dengan kondisi beberapa marka perlu diperbaiki. Distribusi frekuensi sepeda motor sebesar 35.10% pada pagi hari dan 38.46% pada sore hari. Potensi Kecelakaan yang terjadi pada Ruas Jalan Kenteng – Cangakan Km 3.1 – Km 6.3 berdasarkan hasil penelitian adalah jenis Depan – Samping dengan kendaraan Sepeda Motor mendominasi terlibat konflik kecelakaan.
| Dosen Pembimbing: | Noor Mahmudah, Dr. Ir., S.T., M.Eng., IPM., ASEAN Eng. | NIDN0003107001 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Speed, Road Safety, Traffic Conflict, Traffic Conflict Technique (TCT), Kulon Progo |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 09 Jul 2025 05:19 |
| Last Modified: | 17 Jul 2025 04:11 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51815 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
