JUSTY SONDEYA ARISTY (2025) ANALISIS KESELAMATAN JALAN PADA RUAS JALAN KENTENG – CANGAKAN KM 0,0 – KM 3,1, KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (723kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (950kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (496kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (625kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Menurut data tinjauan kecelakaan di Kulon Progo tahun 2022-2024 hasil akumulasi memperlihatkan kasus kecelakaan terbanyak di Kulon Progo yaitu pada Ruas Jalan Kenteng – Cangakan Km 0,0 – Km 3,1. Mempertimbangkan hal tersebut, maka perlu adanya penelitian lebih lanjut dalam rangka untuk meningkatkan keselamatan pengguna jalan, mengamati perilaku pengendara dan meninjau kembali kinerja ruas jalan. Penelitian ini menggunakan metode Traffic Conflict Technique (TCT) yang menghubungkan antara kecepatan dan keselamatan. Suatu kejadian yang melibatkan konflik dapat dijabarkan sebagai konflik serius atau tidak serius dari kecepatan pengguna yang terlibat dalam konflik. Hasil analisis karakteristik kecelakaan tahun 2022-2024 yang terjadi pada Ruas Jalan Kenteng – Cangakan Km 0,0 – Km 3,1 berdasarkan jenis kendaraan Sepeda Motor sebesar 81%, berdasarkan tipe kecelakaan yaitu Depan Samping sebesar 35% dan Depan Belakang 35% sedangkan berdasarkan fatalitas korban kecelakaan 92% mengalami luka ringan dan sisanya 8% meninggal dunia. Hasil survei pengukuran kecepatan setempat (spot speed) diperoleh sebaran frekuensi data kecepatan paling banyak berada pada rentang 41 km/jam – 50 km/jam dengan nilai tengah 45 km/jam sebanyak 20% - 40%. Sementara itu, hasil dari analisis kecepatan persentil 85 adalah antara 41 dan 47 km/jam untuk semua waktu pengamatan. Dengan hasil tersebut maka Ruas Jalan Kenteng - Cangakan Km 0,0 - Km 3,1dapat dikatakan jalan yang rawan. Karena kecepatan 85 di jalan berada di bawah batas kecepatan tertinggi namun sudah mendekati dan hasil TCT menunjukkan serius konflik sebanyak 54% sementara konflik tidak serius sebanyak 46%.
| Dosen Pembimbing: | Noor Mahmudah, Dr. Ir., S.T., M.Eng., IPM., ASEAN Eng. and Dr. Dian Setiawan M., S.T., M.Sc. | NIDN0003107001, NIDN0530078801 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Traffic Conflict Technique (TCT), Roas Safety, Kulon Progo |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 09 Jul 2025 05:18 |
| Last Modified: | 09 Jul 2025 05:18 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51816 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
