HANOVERA APRILIANI (2025) THE CORRELATION BETWEEN EFL STUDENTS' ATTITUDES TOWARD GRAMMARLY USE AND WRITING MOTIVATION. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (632kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (464kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (866kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Menulis adalah salah satu keterampilan dasar dalam bahasa Inggris yang penting bagi siswa EFL. Grammarly hadir sebagai alat untuk membantu mengoreksi kesalahan penulisan dan memberikan umpan balik. Sikap siswa EFL terhadap penggunaan Grammarly secara signifikan mempengaruhi motivasi menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara sikap siswa EFL terhadap penggunaan Grammarly dan motivasi menulis. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan dari mahasiswa pendidikan bahasa Inggris angkatan 2021 melalui kuesioner. Temuan mengungkapkan bahwa skor rata-rata keseluruhan untuk sikap siswa EFL terhadap penggunaan Grammarly adalah 63,78, yang menunjukkan bahwa siswa EFL memiliki sikap positif terhadap Grammarly. Motivasi menulis memiliki skor rata-rata 75,69, termasuk dalam kategori tinggi dan mengindikasikan bahwa motivasi siswa dalam menulis tinggi. Analisis statistik menghasilkan nilai signifikansi (p-value) sebesar 0.001 lebih rendah dari 0.05, yang berarti terdapat korelasi yang signifikan. Nilai (r-value) dalam penelitian ini adalah 0,451. Nilai (r-value) = 0,451 termasuk dalam kategori korelasi sedang. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara sikap mahasiswa EFL terhadap penggunaan Grammarly dan motivasi menulis, dan hipotesis dalam penelitian ini diterima.

Dosen Pembimbing: Andi Wirantaka, S.Pd., M.Hum. | NIDN0526078601
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: EFL students, Attitude, Grammarly, Writing motivation
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Bima
Date Deposited: 09 Jul 2025 05:17
Last Modified: 16 Jul 2025 05:39
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51817

Actions (login required)

View Item View Item