HANOVERA APRILIANI (2025) THE CORRELATION BETWEEN EFL STUDENTS' ATTITUDES TOWARD GRAMMARLY USE AND WRITING MOTIVATION. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (632kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (623kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (464kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (599kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (801kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (772kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (823kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (866kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Menulis adalah salah satu keterampilan dasar dalam bahasa Inggris yang penting bagi siswa EFL. Grammarly hadir sebagai alat untuk membantu mengoreksi kesalahan penulisan dan memberikan umpan balik. Sikap siswa EFL terhadap penggunaan Grammarly secara signifikan mempengaruhi motivasi menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara sikap siswa EFL terhadap penggunaan Grammarly dan motivasi menulis. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan dari mahasiswa pendidikan bahasa Inggris angkatan 2021 melalui kuesioner. Temuan mengungkapkan bahwa skor rata-rata keseluruhan untuk sikap siswa EFL terhadap penggunaan Grammarly adalah 63,78, yang menunjukkan bahwa siswa EFL memiliki sikap positif terhadap Grammarly. Motivasi menulis memiliki skor rata-rata 75,69, termasuk dalam kategori tinggi dan mengindikasikan bahwa motivasi siswa dalam menulis tinggi. Analisis statistik menghasilkan nilai signifikansi (p-value) sebesar 0.001 lebih rendah dari 0.05, yang berarti terdapat korelasi yang signifikan. Nilai (r-value) dalam penelitian ini adalah 0,451. Nilai (r-value) = 0,451 termasuk dalam kategori korelasi sedang. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara sikap mahasiswa EFL terhadap penggunaan Grammarly dan motivasi menulis, dan hipotesis dalam penelitian ini diterima.
| Dosen Pembimbing: | Andi Wirantaka, S.Pd., M.Hum. | NIDN0526078601 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | EFL students, Attitude, Grammarly, Writing motivation |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 09 Jul 2025 05:17 |
| Last Modified: | 16 Jul 2025 05:39 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51817 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
