MUKTAFI JATI MUHLIS PRASETYAYOGA (2025) STRATEGI KREATIF PROGRAM ACARA “DIALOG MADIUN RAYA PAGI INI” DI RADIO REPUBLIK INDONESIA PROGRAMA 1 MADIUN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (572kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (553kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi, termasuk internet, media sosial, dan perangkat komunikasi lainnya, telah mengubah cara berkomunikasi dan mengakses informasi, yang berimplikasi pada dunia media massa. Meskipun radio menghadapi tantangan besar, Radio Republik Indonesia (RRI) tetap memainkan peran penting dalam menyampaikan informasi, hiburan, dan edukasi. Program "Madiun Raya Pagi Ini" di RRI Pro 1 Madiun berhasil mempertahankan loyalitas pendengar meskipun persaingan media semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi kreatif yang diterapkan dalam program tersebut dalam mempertahankan loyalitas pendengar. Metode penelitian kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan tinjauan pustaka yang kemudian dianalisis secara komprehensif dan menyeluruh untuk menghasilkan pemahaman yang mendalam mengenai fenomena yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kreatif program ini dirancang dengan pendekatan terstruktur, meliputi pemanfaatan waktu prime time pagi, tema yang relevan, serta narasumber yang kompeten. Konsep STPFP (Segmentation, Targeting, Positioning, Formatting, Programming) diterapkan dengan fokus pada pendengar usia 30-50 tahun, serta positioning RRI sebagai sumber informasi terpercaya. Program ini juga memanfaatkan media sosial untuk promosi, memperluas jangkauan audiens, dan secara rutin dievaluasi untuk menjaga kualitas serta relevansi siaran. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa strategi tersebut efektif dalam mempertahankan loyalitas pendengar di tengah persaingan ketat industri media massa.

Dosen Pembimbing: Suciati, Prof. Dr., S.Sos.,M.Si. | NIDN0513047201
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Creative Strategy, Radio Republik Indonesia, RRI Pro 1 Madiun, STPFP, Social Media
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Bima
Date Deposited: 01 Aug 2025 04:12
Last Modified: 01 Aug 2025 04:12
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51831

Actions (login required)

View Item View Item