MUKTAFI JATI MUHLIS PRASETYAYOGA (2025) STRATEGI KREATIF PROGRAM ACARA “DIALOG MADIUN RAYA PAGI INI” DI RADIO REPUBLIK INDONESIA PROGRAMA 1 MADIUN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (572kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (553kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (491kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi, termasuk internet, media sosial, dan perangkat komunikasi lainnya, telah mengubah cara berkomunikasi dan mengakses informasi, yang berimplikasi pada dunia media massa. Meskipun radio menghadapi tantangan besar, Radio Republik Indonesia (RRI) tetap memainkan peran penting dalam menyampaikan informasi, hiburan, dan edukasi. Program "Madiun Raya Pagi Ini" di RRI Pro 1 Madiun berhasil mempertahankan loyalitas pendengar meskipun persaingan media semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi kreatif yang diterapkan dalam program tersebut dalam mempertahankan loyalitas pendengar. Metode penelitian kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan tinjauan pustaka yang kemudian dianalisis secara komprehensif dan menyeluruh untuk menghasilkan pemahaman yang mendalam mengenai fenomena yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kreatif program ini dirancang dengan pendekatan terstruktur, meliputi pemanfaatan waktu prime time pagi, tema yang relevan, serta narasumber yang kompeten. Konsep STPFP (Segmentation, Targeting, Positioning, Formatting, Programming) diterapkan dengan fokus pada pendengar usia 30-50 tahun, serta positioning RRI sebagai sumber informasi terpercaya. Program ini juga memanfaatkan media sosial untuk promosi, memperluas jangkauan audiens, dan secara rutin dievaluasi untuk menjaga kualitas serta relevansi siaran. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa strategi tersebut efektif dalam mempertahankan loyalitas pendengar di tengah persaingan ketat industri media massa.
| Dosen Pembimbing: | Suciati, Prof. Dr., S.Sos.,M.Si. | NIDN0513047201 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Creative Strategy, Radio Republik Indonesia, RRI Pro 1 Madiun, STPFP, Social Media |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 01 Aug 2025 04:12 |
| Last Modified: | 01 Aug 2025 04:12 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51831 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
