FATHIA SALSABILLA S (2025) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU TAHFIDZ DAN SANTRIWATI TERHADAP HASIL BELAJAR DI MA’HAD ALI BIN ABI THALIB UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (436kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh komunikasi interpersonal antara guru tahfidz dan santriwati terhadap hasil belajar di Ma’had Ali Bin Abi Thalib Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Pada penelitian ini didasari oleh pentingnya peran komunikasi interpersonal sebagai salah satu faktor pendukung terhadap keberhasilan pada proses pembelajaran, dengan membangun kedekatan emosional, kepercayaan, serta kenyamanan selama proses belajar mengajar. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dengan jumlah responden sebanyak 20 orang santriwati, karena jumlah populasi yang relatif sedikit. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pengujian hipotesis analisis regresi sederhana. Perolehan data pada penenlitian ini dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana untuk mengetahui hubungan antara variabel (X) yaitu komunikasi interpersonal dan variabel (Y) yaitu hasil belajar. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukan adanya pengaruh positif yang terjadi antara komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar, hanya saja tidak signifikan. Sedangkan hasil penelitian uji regresi linier sederhana dari uji koefisien determinasi memperoleh nilai ,011 dan nilai signifikansi 0,0661 > 0,05. Hal tersebut menunjukkan pengaruh komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar yang hanya memiliki persentase sebesar 11% sedangkan 89% sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian, seperti latar belakang pendidikan, dukungan keluarga, dan motivasi belajar. Dengan hasil demikian, penelitian ini tidak menyepelekan akan pentingnya komunikasi interpersonal yang terjadi dalam setiap proses pembelajaran. Dengan adanya empati, keterbukaan, rasa positif, kesetaraan, dan dukungan yang terjadi antara guru dan santriwati menjadi salah satu hal penting dalam membangun hubungan yang sehat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah komunikasi interpersonal antara guru tahfidz dan santriwati terhadap hasil belajar tidak terlalu berpengaruh secara signifikan, akan tetapi hasil belajar santriwati lebih dipengaruhi oleh faktor sosial, personal, dan struktural.

Dosen Pembimbing: Twediana Budi Hapsari, S.Sos., M.Si., Ph.D. | NIDN0525057301
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Interpersonal Communication, Learning Outcomes, Female Students (Santriwati)
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 01 Aug 2025 04:05
Last Modified: 01 Aug 2025 04:05
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51837

Actions (login required)

View Item View Item