OPRIMURIANDY T.D PUTRA (2025) DAMPAK ADIKTIF GADGET PADA KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (3MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (295kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (691kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam bagaimana tingkat kecanduan penggunaan gadget pada dimensi kecerdasan emosional siswa, khususnya di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Tidak hanya berhenti pada tahap mengetahui, penelitian ini juga diarahkan untuk memberikan kontribusi solutif dalam strategi pengembangan pendidikan yang mampu mereduksi dampak digitalisasi negatif pada aspek emosional remaja. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif analitis, yang memungkinkan peneliti untuk menggali fenomena secara menyeluruh melalui teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Penelitian ini dilandasi oleh pendekatan studi kasus, yang menempatkan pengalaman subjektif siswa sebagai sumber utama dalam memahami realitas gadget adiktif dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi kemampuan mereka dalam mengenali, mengelola, dan mengekspresikan emosi secara sehat. Satu temuan utama dari penelitian ini menunjukkan bahwa intensitas ketergantungan pada gadget secara langsung mencakup negatif dengan aspek pengaturan diri emosional, di mana siswa yang memiliki skor adiksi tinggi cenderung menunjukkan penurunan kemampuan dalam mengendalikan impuls dan menjaga kestabilan afektif mereka. Implikasi dari temuan ini mempertegas pentingnya integrasi nilai-nilai keislaman dan literasi digital dalam kurikulum sekolah untuk membentuk karakter yang seimbang secara emosional di tengah era digital.
| Dosen Pembimbing: | Akif Khilmiyah, Prof. Dr., M.Ag. | NIDN0512026801 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S2) |
| Uncontrolled Keywords: | Gadget Addiction, Emotional Intelligence, Social Media. |
| Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Ilmu Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 01 Aug 2025 03:12 |
| Last Modified: | 01 Aug 2025 03:12 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51861 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
