OPRIMURIANDY T.D PUTRA (2025) DAMPAK ADIKTIF GADGET PADA KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam bagaimana tingkat kecanduan penggunaan gadget pada dimensi kecerdasan emosional siswa, khususnya di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Tidak hanya berhenti pada tahap mengetahui, penelitian ini juga diarahkan untuk memberikan kontribusi solutif dalam strategi pengembangan pendidikan yang mampu mereduksi dampak digitalisasi negatif pada aspek emosional remaja. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif analitis, yang memungkinkan peneliti untuk menggali fenomena secara menyeluruh melalui teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Penelitian ini dilandasi oleh pendekatan studi kasus, yang menempatkan pengalaman subjektif siswa sebagai sumber utama dalam memahami realitas gadget adiktif dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi kemampuan mereka dalam mengenali, mengelola, dan mengekspresikan emosi secara sehat. Satu temuan utama dari penelitian ini menunjukkan bahwa intensitas ketergantungan pada gadget secara langsung mencakup negatif dengan aspek pengaturan diri emosional, di mana siswa yang memiliki skor adiksi tinggi cenderung menunjukkan penurunan kemampuan dalam mengendalikan impuls dan menjaga kestabilan afektif mereka. Implikasi dari temuan ini mempertegas pentingnya integrasi nilai-nilai keislaman dan literasi digital dalam kurikulum sekolah untuk membentuk karakter yang seimbang secara emosional di tengah era digital.

Dosen Pembimbing: Akif Khilmiyah, Prof. Dr., M.Ag. | NIDN0512026801
Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Gadget Addiction, Emotional Intelligence, Social Media.
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 01 Aug 2025 03:12
Last Modified: 01 Aug 2025 03:12
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51861

Actions (login required)

View Item View Item