FARAH NASYWA NABILA (2025) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN ATAS KEHILANGAN BARANG MELALUI JASA EKSPEDISI JNE YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (256kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (740kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Perlindungan hukum bertujuan untuk melindungi hak-hak konsumen, terutama dalam kasus kerugian yang disebabkan oleh pihak lain, seperti dalam layanan Jasa Ekspedisi. Penelitian ini fokus pada perlindungan hukum terhadap konsumen yang mengalami kehilangan barang melalui Jasa Ekspedisi JNE Yogyakarta. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis sejauh mana konsumen terlindungi oleh hukum dan memahami mekanisme perlindungan yang ada. Metode yang digunakan adalah penelitian yuridis normatif dengan pendekatan studi kepustakaan yang dikaitkan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen belum terlindungi dengan baik, terutama karena kurangnya pemahaman tentang perlindungan konsumen, serta tidak adanya asuransi untuk barang yang dikirim. Hal ini menyebabkan konsumen tidak mendapatkan hak ganti rugi sesuai dengan ketentuan dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK). Selain itu, temuan penelitian juga menunjukkan bahwa banyak pelaku usaha ekspedisi yang masih memanfaatkan celah hukum ini untuk bertindak sewenang-wenang. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan jasa ekspedisi untuk mematuhi Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, sehingga konsumen dapat memperoleh hak mereka dan lebih berhatihati dalam melindungi kepentingannya.
| Dosen Pembimbing: | Danang Wahyu Muhammad, Dr., S.H., M.Hum. | NIDN0528056901 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Consumer rights, expedition services, legal protection |
| Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Hukum |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 01 Aug 2025 03:12 |
| Last Modified: | 01 Aug 2025 03:12 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51862 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
