MILA HOERINISA (2025) ENTERTAINMENT AS ONE OF TOBACCO MESSAGE FRAMING ON INDONESIAN SOCIAL MEDIA: AN ANALYTICAL STUDY OF TOBACCO ENFORCEMENT REPORTING MOVEMENT (TERM). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (697kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Latar Belakang: Meski Iklan, Promosi, Sponsor rokok telah dibatasi secara hukum di media konvensional, industri rokok di Indonesia tetap aktif memasarkan produk mereka melalui media sosial, khususnya dengan pendekatan hiburan (entertainment framing). Strategi ini dinilai efektif dalam menyamarkan pesan promosi dan menarik perhatian, terutama di kalangan anak muda. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk konten dan respons audiens terhadap iklan, promosi, dan sponsor rokok yang menggunakan pembingkaian pesan hiburan di media sosial berdasarkan data dari Tobacco Enforcement Reporting Movement (TERM). Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan analisis kuantitatif deskriptif terhadap 298 sampel postingan, serta analisis kualitatif terhadap 3.649 komentar yang dianalisis menggunakan Software OpenCode 4.03. Sampel kuantitatif diambil dengan teknik random sampling, sementara data kualitatif dikumpulkan dari postingan yang memiliki lebih dari 100 komentar. Hasil: Postingan jenis sponsor merupakan yang paling banyak muncul dan paling tinggi tingkat interaksinya (like, komentar, dan share). Namun, iklan menunjukkan tingkat keterlibatan yang tinggi per postingan. Analisis komentar menunjukkan bahwa sebagian besar bersifat netral (91%), diikuti komentar negatif (4,5%) dan positif (4,3%). Tema dominan dalam komentar adalah Penolakan dan Dukungan terhadap IPS rokok di Media Sosial serta. Kesimpulan: Framing hiburan terbukti efektif dalam menyamarkan Iklan, Promosi Roko di sedia Sosial. Temuan ini penting bagi pembuat kebijakan dan tenaga kesehatan untuk merancang strategi komunikasi yang lebih efektif dalam menangkal promosi rokok terselubung.

Dosen Pembimbing: Dianita Sugiyo, S.Kep., Ns., MHID. and Sutantri, S.Kep., Ns., M.Sc., Ph.D. | NIDN0508018202, NIDN0507068602
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Framing Entertainment, Advertising Cigarettes, Promotion Cigarettes, Cigarette Sponsors, Social Media , TERM
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Keperawatan
Depositing User: Bima
Date Deposited: 01 Aug 2025 02:00
Last Modified: 01 Aug 2025 02:00
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51882

Actions (login required)

View Item View Item