MILA HOERINISA (2025) ENTERTAINMENT AS ONE OF TOBACCO MESSAGE FRAMING ON INDONESIAN SOCIAL MEDIA: AN ANALYTICAL STUDY OF TOBACCO ENFORCEMENT REPORTING MOVEMENT (TERM). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (697kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (279kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Latar Belakang: Meski Iklan, Promosi, Sponsor rokok telah dibatasi secara hukum di media konvensional, industri rokok di Indonesia tetap aktif memasarkan produk mereka melalui media sosial, khususnya dengan pendekatan hiburan (entertainment framing). Strategi ini dinilai efektif dalam menyamarkan pesan promosi dan menarik perhatian, terutama di kalangan anak muda. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk konten dan respons audiens terhadap iklan, promosi, dan sponsor rokok yang menggunakan pembingkaian pesan hiburan di media sosial berdasarkan data dari Tobacco Enforcement Reporting Movement (TERM). Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan analisis kuantitatif deskriptif terhadap 298 sampel postingan, serta analisis kualitatif terhadap 3.649 komentar yang dianalisis menggunakan Software OpenCode 4.03. Sampel kuantitatif diambil dengan teknik random sampling, sementara data kualitatif dikumpulkan dari postingan yang memiliki lebih dari 100 komentar. Hasil: Postingan jenis sponsor merupakan yang paling banyak muncul dan paling tinggi tingkat interaksinya (like, komentar, dan share). Namun, iklan menunjukkan tingkat keterlibatan yang tinggi per postingan. Analisis komentar menunjukkan bahwa sebagian besar bersifat netral (91%), diikuti komentar negatif (4,5%) dan positif (4,3%). Tema dominan dalam komentar adalah Penolakan dan Dukungan terhadap IPS rokok di Media Sosial serta. Kesimpulan: Framing hiburan terbukti efektif dalam menyamarkan Iklan, Promosi Roko di sedia Sosial. Temuan ini penting bagi pembuat kebijakan dan tenaga kesehatan untuk merancang strategi komunikasi yang lebih efektif dalam menangkal promosi rokok terselubung.
| Dosen Pembimbing: | Dianita Sugiyo, S.Kep., Ns., MHID. and Sutantri, S.Kep., Ns., M.Sc., Ph.D. | NIDN0508018202, NIDN0507068602 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Framing Entertainment, Advertising Cigarettes, Promotion Cigarettes, Cigarette Sponsors, Social Media , TERM |
| Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Keperawatan |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 01 Aug 2025 02:00 |
| Last Modified: | 01 Aug 2025 02:00 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51882 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
