M. FATHIL IKRAM (2025) STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH DIGITAL DI TIKTOK: ANALISIS KREATIVITAS KONTEN DAN INTERAKTIVITAS AKUN @AKANGANOM313. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (540kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (876kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[thumbnail of Bab VI] Text (Bab VI)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa strategi dakwah Akang Anom di TikTok, dengan 2 aspek utama kreativitas konten dan interaktivitas dengan audiens. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan analisis konten (content analysis), serta mengacu pada teori Preparation dari Graham wallas dan teori komunikasi model Lasswell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang diterapkan dengan penggunaan narasi yang sederhana namun kuat, visual yang konsisten dan menarik, dan penggunaan fitur interaktif TikTok, seperti menduetkan video komentar dan Live Streaming. Strategi ini dianggap berhasil dalam membangun hubungan dengan pengikut dan menyebarkan nilai-nilai Islam dengan cara yang santau namun mendalam. Hasilnya menunjukkan bahwa kombinasi kreativitas dan komunikasi dua arah sangat penting untuk keberhasilan di era digital.

Dosen Pembimbing: Ahmad Hermawan, Dr., Lc., M.A. | NIDN0507068301
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Digital Da'wah, TikTok, Akang Anom, Da'wah Strategy, Creativity, Interactivity
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 01 Aug 2025 01:56
Last Modified: 01 Aug 2025 01:56
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51885

Actions (login required)

View Item View Item