M. FATHIL IKRAM (2025) STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH DIGITAL DI TIKTOK: ANALISIS KREATIVITAS KONTEN DAN INTERAKTIVITAS AKUN @AKANGANOM313. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (540kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (876kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (233kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) |
|
|
Text (Bab VI)
Bab VI.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa strategi dakwah Akang Anom di TikTok, dengan 2 aspek utama kreativitas konten dan interaktivitas dengan audiens. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan analisis konten (content analysis), serta mengacu pada teori Preparation dari Graham wallas dan teori komunikasi model Lasswell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang diterapkan dengan penggunaan narasi yang sederhana namun kuat, visual yang konsisten dan menarik, dan penggunaan fitur interaktif TikTok, seperti menduetkan video komentar dan Live Streaming. Strategi ini dianggap berhasil dalam membangun hubungan dengan pengikut dan menyebarkan nilai-nilai Islam dengan cara yang santau namun mendalam. Hasilnya menunjukkan bahwa kombinasi kreativitas dan komunikasi dua arah sangat penting untuk keberhasilan di era digital.
| Dosen Pembimbing: | Ahmad Hermawan, Dr., Lc., M.A. | NIDN0507068301 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Digital Da'wah, TikTok, Akang Anom, Da'wah Strategy, Creativity, Interactivity |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 01 Aug 2025 01:56 |
| Last Modified: | 01 Aug 2025 01:56 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51885 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
