DHIDIQ ZAINUL SAPUTRA F. (2025) CREATIVE CONTENT STRATEGY OF TIKTOK ACCOUNT @DPRD DIY TO ENHANCE POLITICAL EDUCATION CONTENT PERIOD JANUARY - AUGUST 2024. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Bukti Sumbangan Buku Wisudawan)
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) |
|
|
Text (Letter of Accepted)
Letter of Accepted.pdf Restricted to Registered users only Download (880kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
|
|
Text (Artikel Jurnal)
Artikel Jurnal.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi strategi kreatif yang digunakan oleh akun TikTok @DPRD DIY untuk meningkatkan pendidikan politik di kalangan Generasi Z dari Januari hingga Agustus 2024. Ini membahas masalah terbatasnya partisipasi pemuda dalam politik dan menyoroti perlunya metode komunikasi politik yang segar dan menarik. Kami mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dan dokumentasi konten yang melibatkan tim manajemen akun, menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kerangka studi kasus. Penelitian ini menggabungkan teori proses kreatif empat tahap Wallas (1926)—persiapan, inkubasi, iluminasi, dan verifikasi—untuk menganalisis proses pengembangan konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tim secara efektif memanfaatkan tren TikTok, menyampaikan informasi melalui format yang interaktif dan menghibur, serta menyederhanakan pesan politik yang kompleks agar dapat diterima oleh audiens yang lebih muda. Teknik-teknik ini telah terbukti berhasil dalam menarik minat dan meningkatkan kesadaran politik, terutama di kalangan pemuda di Yogyakarta, sebuah daerah yang dikenal dengan identitas pendidikannya yang kuat. Keaslian studi ini terletak pada pemeriksaan akun TikTok yang dikelola oleh sebuah lembaga pemerintah dan penggunaan inovatif konten digital untuk mendukung pendidikan kewarganegaraan. Hasilnya memperkaya diskursus tentang komunikasi politik digital dan menekankan peran media sosial sebagai media dinamis untuk pembelajaran politik. Selain itu, studi ini menyediakan dasar untuk penelitian masa depan tentang strategi komunikasi sektor publik melalui platform sosial.
| Dosen Pembimbing: | Erwan Sudiwijaya, S.Sos., MBA., M.A. | NIDN0516058201 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | creative strategy, political education, TikTok, Generation Z, digital media |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 17 Jul 2025 04:29 |
| Last Modified: | 17 Jul 2025 04:29 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51889 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
