AURUM NURUL FAJRI SALSABILA (2025) PERSEPSI MAHASISWA KEDOKTERAN TERKAIT ISLAMIC REVEALED KNOWLEDGE (IRK) DALAM MENGHADAPI BURNOUT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang: Program studi Pendidikan profesi dokter adalah program studi yang bertujuan untuk menghasilkan dokter yang berpengalaman. Pendidikan dilakukan dalam dua tahap dengan beban studi yang signifikan yang mana beban pendidikan tersebut bisa menyebabkan Burnout. Burnout adalah sindrom patologis yang terjadi sebagai akibat dari stres yang berkepanjangan, hal Ini dapat menyebabkan kelelahan fisik, emosional, dan mental, dengan gejala seperti perasaan tidak berdaya, merasa tidak ada harapan, perasaan gagal mencapai tujuan, dan konsep dan sikap diri yang negatif. Religiusitas seseorang berkontribusi dalam mengahadapi permasalahan hidup dan pada berbagai situasi negatif dan masalah yang dihadapi, contohnya ketika dihadapkan pada situasi sulit, aspek religius berperan dengan adalah mengurangi berbagai perasaan negatif yang dirasakan sehingga seseorang lebih mampu menyesuaikan diri. Tujuan: Mengetahui persepsi mahasiswa terkait pembelajaran Islamic Revealed Knowledge dalam mengatasi burnout. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi mengguanakan metode wawancara mendalam (in- depth interview) Hasil: Persepsi mahasiswa kedokteran terkait IRK yaitu IRK dapat menjadi jati diri seorang muslim, selain itu IRK dapat menjadi salah satu sumber ilmu dan dapat menjadi inspirasi Kesimpulan: kontribusi dari pembelajaran IRK terhadap koping religiusitas mahasiswa dalam menghadapi burnout yaitu IRK dapat menjadi sumber kekuatan dalam menghadapi burnout dengan cara meningkatkan keyakinan kepada Allah swt, selain itu IRK dapat meringankan beban yang dirasakan dan memperkuat keyakinan akan tawakal dan pasrah pada Allah SWT

Dosen Pembimbing: Galuh Suryandari, dr., M.Med.Ed. | NIDN0503068301
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Burnout, Islamic Revealed Knowledge, Religiosity Coping
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Kedokteran
Depositing User: Bima
Date Deposited: 17 Jul 2025 04:23
Last Modified: 17 Jul 2025 04:23
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51893

Actions (login required)

View Item View Item