AURUM NURUL FAJRI SALSABILA (2025) PERSEPSI MAHASISWA KEDOKTERAN TERKAIT ISLAMIC REVEALED KNOWLEDGE (IRK) DALAM MENGHADAPI BURNOUT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (420kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (34kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (211kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (777kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (7kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (671kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang: Program studi Pendidikan profesi dokter adalah program studi yang bertujuan untuk menghasilkan dokter yang berpengalaman. Pendidikan dilakukan dalam dua tahap dengan beban studi yang signifikan yang mana beban pendidikan tersebut bisa menyebabkan Burnout. Burnout adalah sindrom patologis yang terjadi sebagai akibat dari stres yang berkepanjangan, hal Ini dapat menyebabkan kelelahan fisik, emosional, dan mental, dengan gejala seperti perasaan tidak berdaya, merasa tidak ada harapan, perasaan gagal mencapai tujuan, dan konsep dan sikap diri yang negatif. Religiusitas seseorang berkontribusi dalam mengahadapi permasalahan hidup dan pada berbagai situasi negatif dan masalah yang dihadapi, contohnya ketika dihadapkan pada situasi sulit, aspek religius berperan dengan adalah mengurangi berbagai perasaan negatif yang dirasakan sehingga seseorang lebih mampu menyesuaikan diri. Tujuan: Mengetahui persepsi mahasiswa terkait pembelajaran Islamic Revealed Knowledge dalam mengatasi burnout. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi mengguanakan metode wawancara mendalam (in- depth interview) Hasil: Persepsi mahasiswa kedokteran terkait IRK yaitu IRK dapat menjadi jati diri seorang muslim, selain itu IRK dapat menjadi salah satu sumber ilmu dan dapat menjadi inspirasi Kesimpulan: kontribusi dari pembelajaran IRK terhadap koping religiusitas mahasiswa dalam menghadapi burnout yaitu IRK dapat menjadi sumber kekuatan dalam menghadapi burnout dengan cara meningkatkan keyakinan kepada Allah swt, selain itu IRK dapat meringankan beban yang dirasakan dan memperkuat keyakinan akan tawakal dan pasrah pada Allah SWT
| Dosen Pembimbing: | Galuh Suryandari, dr., M.Med.Ed. | NIDN0503068301 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Burnout, Islamic Revealed Knowledge, Religiosity Coping |
| Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Kedokteran |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 17 Jul 2025 04:23 |
| Last Modified: | 17 Jul 2025 04:23 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51893 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
