RAHMAD JULIANSANADI (2025) PENGARUH BUDAYA SEKOLAH TERHADAP PEMBENTUKAN KESEHATAN MENTAL SISWA DI SMPN 4 BENGKULU. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (83kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (39kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (561kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Budaya sekolah berfungsi sebagai inti dari sebuah institusi pendidikan dan memiliki peran penting dalam memberikan makna pada aktivitas pembelajaran Jika budaya yang bersifat subordinat tidak selaras atau bertentangan dengan budaya yang dominan, hal itu dapat menghambat usaha pengembangan menjadi sekolah yang berkualitas selain itu budaya sekolah juga akan sangat mempengaruhi pembentukan kesehatan mental siswa karena budaya sekolah adalah nilai-nilai yang mendasari tindakan sehari-hari, tradisi, kebiasaan dan simbol-simbol, dengan demikian apabila siswa tidak dapat mengikuti hal tersebut dapat mengganggu kesehatan mental siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh budaya sekolah terhadap kesehatan mental siswa di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analitik kuantitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 10% dari populasi, yaitu 50 orang siswa. Pengumpulan data dengan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari uji normalitas data, uji linearitas, uji korealasi pearson, dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan jika pengaruh budaya sekolah terhadap pembentukan kesehatan mental siswa SMP N 4 Bengkulu berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai sebesar 0,000 < 0,05. Selanjutnya nilai r atau korelasi pearson sebesar 0,908 yang menunjukkan hubungan atau korelasi yang sangat tinggi/ erat. Implikasi dalam penelitian ini adalah tanggung jawab guru SMP 4 Kota Bengkulu dalam hal pengetahuan dan Ruhani, tentu harus sigap akan gejala-gejala sakit mental pada siswa selama pembelajaran di dalam kelas. Hal ini menjadi penting karena akan sangat berpengaruh pada pembentukan kesehatan mental siswa SMP 4 Kota Bengkulu. Serta penerapan budaya sekolah yang tepat dapat berpengaruh terhadap pembentukan kesehatan mental siswa SMP 4 Kota Bengkulu, selain penerapan diperlukan juga pengawasan di luar sekolah agar kesehatan mental para siswa menjadi lebih baik lagi sehingga tidak terjadi hal-hal yang pihak sekolah tidak inginkan.
| Dosen Pembimbing: | Sadam Fajar Shodiq, Dr., S.Pd.I., M.Pd.I | NIDN0520039101 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | School Culture, Development, Mental Health |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 17 Jul 2025 03:58 |
| Last Modified: | 17 Jul 2025 03:58 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51904 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
