M. IRFAN RADIN (2025) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM IMAN DAN QUR’AN DI KUTTAB AL-FATIH YOGYAKARTA DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER QUR’ANI PESERTA DIDIK. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (562kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Manajemen merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum menjadikannya menjadi suatu pengalaman pembelajaran untuk peserta didik dalam mencapai tujuan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana manajemen pengembangan di Kuttab AlFatih Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan berbagai cara antara lain wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan pertama, perencanaan kurikulum Kuttab Al-Fatih Yogyakarta dilakukan secara terpusat, terstruktur, dan menyeluruh, yang mana dalam perencanaannya Kuttab berhasil menuangkan konsep dalam bentuk rencana khususnya dari penentuan landasan kurikulum, tujuan kurikulum, isi dan konten kurikulum, strategi atau metode pembelajaran, dan sumber belajar. Kedua, Kuttab Al-Fatih Yogyakarta melakukan pengorganisasian kurikulum secara menyeluruh dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dengan landasan yang kuat pada nilainilai Al-Quran, hadist, dan kitab-kitab klasik Islam. Ketiga, Kuttab, para koordinator, dan para guru sukses menerapkan kurikulum sehingga tersampaikan kepada para peserta didik khususnya bagaimana mereka menanamkan keimanan dan cara pandang Al-Quran kepada para peserta didik tidak lepas dari dukungan penuh dari kepala Kuttab dalam pengawasan, monitoring, dan orang tua yang turut berperan dan berpartisipasi. Keempat, Evaluasi kurikulum di Kuttab Al-Fatih Yogyakarta dilakukan secara terjadwal baik itu harian, mingguan, semesteran dan tahunan yang dilakukan secara menyeluruh dengan melibatkan berbagai pihak guru, orang tua, kepala Kuttab, PJ syari, pimpinan wilayah cabang, dan Kuttab AlFatih pusat.

Dosen Pembimbing: Azam Syukur Rahmatullah, Prof. Dr., S.H.I., M.S.I., M.A.,M.Psi., | NIDN2112038102
Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Curriculum Development Management, Kuttab Al-Fatih Yogyakarta, Quranic Character
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 17 Jul 2025 03:56
Last Modified: 17 Jul 2025 03:56
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51905

Actions (login required)

View Item View Item