M. IRFAN RADIN (2025) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM IMAN DAN QUR’AN DI KUTTAB AL-FATIH YOGYAKARTA DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER QUR’ANI PESERTA DIDIK. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (562kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (670kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (251kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Manajemen merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum menjadikannya menjadi suatu pengalaman pembelajaran untuk peserta didik dalam mencapai tujuan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana manajemen pengembangan di Kuttab AlFatih Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan berbagai cara antara lain wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan pertama, perencanaan kurikulum Kuttab Al-Fatih Yogyakarta dilakukan secara terpusat, terstruktur, dan menyeluruh, yang mana dalam perencanaannya Kuttab berhasil menuangkan konsep dalam bentuk rencana khususnya dari penentuan landasan kurikulum, tujuan kurikulum, isi dan konten kurikulum, strategi atau metode pembelajaran, dan sumber belajar. Kedua, Kuttab Al-Fatih Yogyakarta melakukan pengorganisasian kurikulum secara menyeluruh dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dengan landasan yang kuat pada nilainilai Al-Quran, hadist, dan kitab-kitab klasik Islam. Ketiga, Kuttab, para koordinator, dan para guru sukses menerapkan kurikulum sehingga tersampaikan kepada para peserta didik khususnya bagaimana mereka menanamkan keimanan dan cara pandang Al-Quran kepada para peserta didik tidak lepas dari dukungan penuh dari kepala Kuttab dalam pengawasan, monitoring, dan orang tua yang turut berperan dan berpartisipasi. Keempat, Evaluasi kurikulum di Kuttab Al-Fatih Yogyakarta dilakukan secara terjadwal baik itu harian, mingguan, semesteran dan tahunan yang dilakukan secara menyeluruh dengan melibatkan berbagai pihak guru, orang tua, kepala Kuttab, PJ syari, pimpinan wilayah cabang, dan Kuttab AlFatih pusat.
| Dosen Pembimbing: | Azam Syukur Rahmatullah, Prof. Dr., S.H.I., M.S.I., M.A.,M.Psi., | NIDN2112038102 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S2) |
| Uncontrolled Keywords: | Curriculum Development Management, Kuttab Al-Fatih Yogyakarta, Quranic Character |
| Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Ilmu Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 17 Jul 2025 03:56 |
| Last Modified: | 17 Jul 2025 03:56 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51905 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
