MOH FIRDAUS MAULANA NUR ILLAHI (2025) ANALISIS POLA BELAJAR MAHASISWA TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE CLUSTERING KMEANS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (626kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (240kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (798kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (931kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (586kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini menganalisis pola belajar mahasiswa Program Studi Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menggunakan algoritma clustering K-Means. Perkembangan teknologi yang pesat dalam pendidikan menuntut pemahaman terhadap keragaman pola belajar mahasiswa untuk merancang strategi pengajaran yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengelompokkan pola belajar, menganalisis faktor-faktor yang memengaruhinya, serta mengkarakterisasi klaster yang terbentuk guna meningkatkan pendekatan pembelajaran. Metodologi penelitian meliputi pengumpulan data mengenai preferensi belajar, durasi belajar, metode belajar, motivasi, penggunaan teknologi, dan stres akademik, diikuti dengan tahap preprocessing, clustering K-Means, dan evaluasi menggunakan metrik seperti Inertia dan Silhouette Score. Hasil penelitian menghasilkan model K-Means dengan Silhouette Score sebesar 0,30 dan empat klaster: Kinestetik-Teknis-Praktis, Visual-Media-Digital, Auditori-Komunikatif-Kolaboratif, dan Reading-Teoritis-Terstruktur. Hasil penelitian ini juga diimplementasikan ke dalam sistem berbasis web menggunakan Flask dan Laravel, serta menghasilkan visualisasi klaster yang cukup baik yang dapat membantu proses analisis pola belajar mahasiswa secara langsung. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi pendidik untuk merancang strategi pembelajaran yang bisa mengakomodir model pembelajaran dari mahasiswa, sehingga meningkatkan hasil akademik di Program Studi Teknologi Informasi.
| Dosen Pembimbing: | Cahya Damarjati, S.T., M.Eng., Ph.D. and Apriliya Kurnianti, S.T., M.Eng. | NIDN0515038702, NIDN0518048401 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | K-Means Clustering, Learning Patterns, Students, Learning Styles, Silhouette Score, Flask, Laravel, Information Technology, Student Behavior, Adaptive Teaching |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknologi Informasi |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 17 Jul 2025 02:12 |
| Last Modified: | 17 Jul 2025 02:12 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51917 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
