MOH FIRDAUS MAULANA NUR ILLAHI (2025) ANALISIS POLA BELAJAR MAHASISWA TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE CLUSTERING KMEANS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis pola belajar mahasiswa Program Studi Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menggunakan algoritma clustering K-Means. Perkembangan teknologi yang pesat dalam pendidikan menuntut pemahaman terhadap keragaman pola belajar mahasiswa untuk merancang strategi pengajaran yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengelompokkan pola belajar, menganalisis faktor-faktor yang memengaruhinya, serta mengkarakterisasi klaster yang terbentuk guna meningkatkan pendekatan pembelajaran. Metodologi penelitian meliputi pengumpulan data mengenai preferensi belajar, durasi belajar, metode belajar, motivasi, penggunaan teknologi, dan stres akademik, diikuti dengan tahap preprocessing, clustering K-Means, dan evaluasi menggunakan metrik seperti Inertia dan Silhouette Score. Hasil penelitian menghasilkan model K-Means dengan Silhouette Score sebesar 0,30 dan empat klaster: Kinestetik-Teknis-Praktis, Visual-Media-Digital, Auditori-Komunikatif-Kolaboratif, dan Reading-Teoritis-Terstruktur. Hasil penelitian ini juga diimplementasikan ke dalam sistem berbasis web menggunakan Flask dan Laravel, serta menghasilkan visualisasi klaster yang cukup baik yang dapat membantu proses analisis pola belajar mahasiswa secara langsung. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi pendidik untuk merancang strategi pembelajaran yang bisa mengakomodir model pembelajaran dari mahasiswa, sehingga meningkatkan hasil akademik di Program Studi Teknologi Informasi.

Dosen Pembimbing: Cahya Damarjati, S.T., M.Eng., Ph.D. and Apriliya Kurnianti, S.T., M.Eng. | NIDN0515038702, NIDN0518048401
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: K-Means Clustering, Learning Patterns, Students, Learning Styles, Silhouette Score, Flask, Laravel, Information Technology, Student Behavior, Adaptive Teaching
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknologi Informasi
Depositing User: Bima
Date Deposited: 17 Jul 2025 02:12
Last Modified: 17 Jul 2025 02:12
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51917

Actions (login required)

View Item View Item