ALEX SANDRO RACHMAD ISWAHYUDI (2025) EFEKTIVITAS PEER EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI TENTANG PENCEGAHAN ANEMIA DENGAN MENGONSUMSI TABLET PENAMBAH DARAH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang: Kurangnya informasi manfaat mengonsumsi tablet tambah darah pada remaja putri untuk mencegah anemia. Peer education merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap untuk mengurangi resiko terjadinya anemia pada remaja putri. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas peer education dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja putri tentang pencegahan anemia dengan mengonsumsi tablet tambah darah. Metode: Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen With Intervension and Control Group Pretest Posttest Design. Responden dalam penelitian ini sebanyak 72 remaja putri yang dibagi menjadi 2 orang menjadi peer educator, 35 kelompok intervensi dan 35 kelompok kontrol dipilih dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini telah mendapatkan izin etik dengan nomor No.4084/KEPUNISA/XII/2024 dan menerapkan prinsip etik berupa Informed Consent, Anonymity, Beneficience, dan Justice. Hasil: Hasil uji Wilcoxon menunjukkan terdapat perbedaan pengetahuan tentang pencegahan anemia dengan mengonsumsi tablet tambah darah setelah diberikan peer education pada kelompok intervensi dan kelompok intervensi dengan p-value 0.001 (p<0,05). Hasil penelitian juga menunjukkan terdapat perbedaan sikap setelah diberikan peer education pada kelompok intervensi dengan p-value 0.001 (p<0,05), sedangkan pada kelompok kontrol juga menunjukkan perbedaan sikap dengan p-value 0.001 (p<0.05). Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan terdapat perbedaan hasil posttest pengetahuan tentang pencegahan anemia dengan mengonsumsi tablet tambah darah pada kelompok intervensi dan kontrol dengan p-value sebesar 0.001 (p<0,05), sedangkan pada sikap menunjukkan hasil p-value sebesar 0.001 (p<0,05). Kesimpulan: Peer education lebih efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja putri tentang pencegahan anemia dengan mengonsumsi tablet tambah darah, sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu metode edukasi pencegahan anemia.

Dosen Pembimbing: Rahmah, Dr., M.Kep., Ns., Sp.Kep.An | NIDN0030018201
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peer Education, Adolescent Girls, Anemia Prevention, Blood Addition Tablet
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Keperawatan
Depositing User: Bima
Date Deposited: 17 Jul 2025 02:06
Last Modified: 17 Jul 2025 02:06
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51920

Actions (login required)

View Item View Item