ALEX SANDRO RACHMAD ISWAHYUDI (2025) EFEKTIVITAS PEER EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI TENTANG PENCEGAHAN ANEMIA DENGAN MENGONSUMSI TABLET PENAMBAH DARAH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (289kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (278kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Latar Belakang: Kurangnya informasi manfaat mengonsumsi tablet tambah darah pada remaja putri untuk mencegah anemia. Peer education merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap untuk mengurangi resiko terjadinya anemia pada remaja putri. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas peer education dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja putri tentang pencegahan anemia dengan mengonsumsi tablet tambah darah. Metode: Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen With Intervension and Control Group Pretest Posttest Design. Responden dalam penelitian ini sebanyak 72 remaja putri yang dibagi menjadi 2 orang menjadi peer educator, 35 kelompok intervensi dan 35 kelompok kontrol dipilih dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini telah mendapatkan izin etik dengan nomor No.4084/KEPUNISA/XII/2024 dan menerapkan prinsip etik berupa Informed Consent, Anonymity, Beneficience, dan Justice. Hasil: Hasil uji Wilcoxon menunjukkan terdapat perbedaan pengetahuan tentang pencegahan anemia dengan mengonsumsi tablet tambah darah setelah diberikan peer education pada kelompok intervensi dan kelompok intervensi dengan p-value 0.001 (p<0,05). Hasil penelitian juga menunjukkan terdapat perbedaan sikap setelah diberikan peer education pada kelompok intervensi dengan p-value 0.001 (p<0,05), sedangkan pada kelompok kontrol juga menunjukkan perbedaan sikap dengan p-value 0.001 (p<0.05). Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan terdapat perbedaan hasil posttest pengetahuan tentang pencegahan anemia dengan mengonsumsi tablet tambah darah pada kelompok intervensi dan kontrol dengan p-value sebesar 0.001 (p<0,05), sedangkan pada sikap menunjukkan hasil p-value sebesar 0.001 (p<0,05). Kesimpulan: Peer education lebih efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja putri tentang pencegahan anemia dengan mengonsumsi tablet tambah darah, sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu metode edukasi pencegahan anemia.
| Dosen Pembimbing: | Rahmah, Dr., M.Kep., Ns., Sp.Kep.An | NIDN0030018201 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Peer Education, Adolescent Girls, Anemia Prevention, Blood Addition Tablet |
| Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Keperawatan |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 17 Jul 2025 02:06 |
| Last Modified: | 17 Jul 2025 02:06 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51920 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
