DELA YUNIANTARI (2025) PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING PADA PENCEGAHAN KENAKALAN SISWA DI SMP NEGERI 2 LENDAH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (319kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (318kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Fenomena perilaku menyimpang di kalangan pelajar, khususnya di tingkat SMP, kini menjadi perhatian serius karena dapat memengaruhi proses belajar serta pembentukan karakter siswa. Dalam konteks ini, peran guru Bimbingan dan Konseling (BK) menjadi sangat krusial dalam upaya pencegahan kenakalan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara mendalam peran guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam upaya pencegahan perilaku negatif pada siswa di SMP Negeri 2 Lendah. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus, dan data dikumpulkan melalui observasi lapangan, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru BK menjalankan peran sebagai pendamping, fasilitator, dan penengah antara siswa dengan pihak sekolah maupun keluarga. Mereka melakukan pembinaan secara personal maupun kelompok, serta menjalin kerja sama dengan guru dan orang tua. Beberapa kendala yang dihadapi antara lain keterbatasan waktu, karakter siswa yang tertutup, serta minimnya kesadaran akan pentingnya konseling. Walaupun demikian, upaya guru BK terbukti memberikan dampak positif dalam menciptakan lingkungan sekolah yang lebih kondusif dan mendukung tumbuhnya sikap serta perilaku yang lebih baik di kalangan siswa.
| Dosen Pembimbing: | Halim Purnomo, Dr., M.Pd.I. | NIDN0411078103 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Counseling, Juvenile Delinquency, Prevention, Teacher’s Role |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 17 Jul 2025 02:08 |
| Last Modified: | 17 Jul 2025 02:08 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51921 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
