DELA YUNIANTARI (2025) PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING PADA PENCEGAHAN KENAKALAN SISWA DI SMP NEGERI 2 LENDAH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Fenomena perilaku menyimpang di kalangan pelajar, khususnya di tingkat SMP, kini menjadi perhatian serius karena dapat memengaruhi proses belajar serta pembentukan karakter siswa. Dalam konteks ini, peran guru Bimbingan dan Konseling (BK) menjadi sangat krusial dalam upaya pencegahan kenakalan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara mendalam peran guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam upaya pencegahan perilaku negatif pada siswa di SMP Negeri 2 Lendah. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus, dan data dikumpulkan melalui observasi lapangan, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru BK menjalankan peran sebagai pendamping, fasilitator, dan penengah antara siswa dengan pihak sekolah maupun keluarga. Mereka melakukan pembinaan secara personal maupun kelompok, serta menjalin kerja sama dengan guru dan orang tua. Beberapa kendala yang dihadapi antara lain keterbatasan waktu, karakter siswa yang tertutup, serta minimnya kesadaran akan pentingnya konseling. Walaupun demikian, upaya guru BK terbukti memberikan dampak positif dalam menciptakan lingkungan sekolah yang lebih kondusif dan mendukung tumbuhnya sikap serta perilaku yang lebih baik di kalangan siswa.

Dosen Pembimbing: Halim Purnomo, Dr., M.Pd.I. | NIDN0411078103
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Counseling, Juvenile Delinquency, Prevention, Teacher’s Role
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 17 Jul 2025 02:08
Last Modified: 17 Jul 2025 02:08
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51921

Actions (login required)

View Item View Item