KAHFI 'ULUM (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PONDOK PESANTREN DALAM MENDISIPLINKAN SALAT PADA SANTRI(PONDOK PESANTREN USWATUN HASANAH JUMENENG, SUMBERADI, MLATI, SLEMAN). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (359kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (680kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (936kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Salat merupakan ibadah fundamental dalam Islam yang memiliki peran sentraldalam pembentukan karakter spiritual seorang Muslim. Namun, kedisiplinan santridalam menjalankan salat berjamaah masih menjadi tantangan yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi yang diterapkanoleh Pondok Pesantren Uswatun Hasanah dalam membentuk kedisiplinan salatsantri. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, datadiperoleh melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, serta dokumentasi, dan dianalisis secara deskriptif-kualitatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwapondok pesantren mengimplementasikan strategi komunikasi berbasis teori Arifin, yang mencakup redundancy (pengulangan ajakan salat melalui pengumuman dancanalizing (pembiasaan melalui regulasi dan jadwal salat), informatif(penyampaian pemahaman melalui kajian kitab), persuasif (pemberian motivasiserta keteladanan dari ustaz), edukatif (pembinaan berkelanjutan), serta koersif(teguran dan sanksi bagi santri yang lalai). Efektivitas strategi ini didukung olehbeberapa faktor, seperti adanya kajian Fadhilah Amal, kenyamanan lingkunganmasjid, dan kualitas bacaan imam yang baik. Namun, terdapat kendala internal, seperti kebiasaan santri sebelum mondok yang belum terbiasa salat berjamaah, sertakendala eksternal berupa keterbatasan fasilitas, khususnya jumlah kamar mandiyang tidak sebanding dengan jumlah santri. Kesimpulan penelitian ini menegaskanbahwa strategi komunikasi memiliki peran krusial dalam membentuk kedisiplinansalat santri. Implikasi dari penelitian ini dapat dijadikan rujukan bagi lembagapendidikan Islam dalam merancang strategi komunikasi yang lebih efektif gunamembentuk kebiasaan ibadah santri secara berkelanjutan.
| Dosen Pembimbing: | Ahmad Hermawan, Dr., Lc., M.A. | NIDN0507068301 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Communication Strategy, Prayer Discipline, Islamic Boarding School, Santri |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 16 Jul 2025 02:16 |
| Last Modified: | 16 Jul 2025 02:16 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51924 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
