PUTRI ANGELITTA (2025) STRATEGI REBRANDING SUSU SARJANA DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE PADA TAHUN 2024. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (467kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (531kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas strategi rebranding yang dilakukan oleh Susu Sarjana dalam membangun brand image pada tahun 2024. Susu Sarjana merupakan usaha kuliner yang berfokus pada penjualan minuman berbahan dasar susu sapi murni pasteurisasi dengan berbagai varian rasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam proses perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi strategi rebranding yang diterapkan oleh Susu Sarjana guna memperkuat citra merek di tengah persaingan bisnis minuman di Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dan analisis dokumen, serta validasi data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan identitas merek, mulai dari logo, kemasan, desain outlet, hingga strategi komunikasi, mampu membangun kembali persepsi positif konsumen terhadap Susu Sarjana. Kolaborasi dengan influencer dan pemanfaatan media sosial juga menjadi faktor pendukung dalam meningkatkan awareness dan engagement konsumen. Namun, penelitian ini juga menemukan tantangan dalam implementasi rebranding, terutama terkait belum meratanya renovasi outlet yang menyebabkan ketidakselarasan pengalaman konsumen di setiap lokasi. Secara keseluruhan, strategi rebranding yang dijalankan telah berhasil menciptakan brand image baru yang lebih segar dan relevan, meskipun diperlukan evaluasi dan perbaikan berkelanjutan agar hasilnya optimal dan konsisten di seluruh outlet.

Dosen Pembimbing: Sovia Sitta Sari, S.IP., M.Si. | NIDN0503036901
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Rebranding Strategy, Susu Sarjana, Brand Image, Brand Identity
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Bima
Date Deposited: 14 Jul 2025 07:05
Last Modified: 14 Jul 2025 07:05
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51948

Actions (login required)

View Item View Item