MIRAWATI (2025) PERILAKU FEAR OF MISSING OUT (FOMO) MEMEDIASI HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY DAN SOCIAL MEDIA ENGAGEMENT (SME) DENGAN MODERATOR RELIGIUSITAS PADA MAHASISWA DI SOLO. S3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (416kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Fenomena meningkatnya keterlibatan media sosial yang tinggi di kalangan mahasiswa memicu munculnya perilaku Fear of Missing Out (FOMO) dan berdampak negatif pada kesejahteraan psikologis serta produktivitas akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran perilaku FOMO sebagai mediasi dalam hubungan antara Self-Efficacy dan Social Media Engagement (SME), dengan moderator religiusitas pada mahasiswa di Solo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan 408 mahasiswa yang aktif menggunakan media sosial sebagai subjek penelitian. Analisis data dilakukan dengan Structural Equation Modeling (SEM) yang dioperasikan melalui program AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Self-Efficacy berpengaruh negatif signifikan terhadap SME, dengan Self-Efficacy membuktikan pengaruh yang kuat dan konsisten. Selain itu, Self-Efficacy juga memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap FOMO. Hal ini menunjukkan, Mahasiswa dengan Self-Efficacy yang tinggi lebih percaya diri dalam mengambil keputusan terkait solusi akademik, sehingga mereka cenderung mengalami tingkat FOMO yang lebih rendah. Selanjutnya, FOMO terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap SME, yang menunjukkan hubungan yang kuat antara kedua variabel tersebut. Selain itu, Self-Efficacy memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap SME dan FOMO, sementara FOMO memediasi hubungan antara Self-Efficacy dan SME. Religiusitas sebagai variabel moderator juga memperkuat hubungan ini dengan memberikan pengaruh positif terhadap pengelolaan FOMO dan keterlibatan media sosial. Temuan ini memiliki implikasi penting bagi pengembangan program pendidikan yang bertujuan meningkatkan SelfEfficacy dan kesadaran religius mahasiswa, serta strategi intervensi kognitif prilaku berupa Pelatihan Reframing Kognitif, Mindfulness Training dan detoks digital yang dapat mengurangi dampak negatif FOMO. Studi ini memberikan kontribusi penting dalam memahami dinamika psikologis dan religiusitas yang berkaitan dengan penggunaan media sosial sehat di kalangan mahasiswa.

Dosen Pembimbing: Heru Kurnianto Tjahjono, Prof. Dr., S.E., M.M. and Fitriah, Dr., S.Pd.I., M.Ag. | NIDN0527097101, NIDN1317107801
Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Fear of Missing Out (FOMO), Self-Efficacy, Social Media Engagement (SME), Religiosity, College Students
Divisions: Program Doktor > S3 Psikologi Pendidikan Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 01 Aug 2025 01:23
Last Modified: 01 Aug 2025 01:23
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51972

Actions (login required)

View Item View Item