ARDIAN MULYA WINDARWAN (2025) PEMBUATAN APLIKASI GAME PUZZLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENULISAN HANGUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (938kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (501kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (624kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (774kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Minat terhadap bahasa Korea semakin meningkat seiring dengan fenomena Korean Wave. Salah satu aspek penting dalam mempelajari bahasa Korea adalah memahami cara penulisan huruf Hangul, yang memiliki aturan penyusunan blok suku kata tersendiri. Sayangnya, sebagian besar media pembelajaran yang ada hanya menekankan pada pengenalan huruf dasar, tanpa membahas struktur penulisan secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan prototype game puzzle sebagai media pembelajaran penulisan Hangul dalam bentuk aplikasi yang dapat dijalankan secara langsung di perangkat Android. Metode pengembangan yang digunakan mengacu pada tahapan Game Development Life Cycle (GDLC), dengan fokus pada tahap production dan testing. Pengujian dilakukan melalui metode black box, pengujian portabilitas pada ukuran layar berbeda, serta evaluasi pengalaman pengguna melalui kuisioner. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi berfungsi dengan baik di berbagai perangkat, dan responden lebih merekomendasikan penggunaan tablet untuk pengalaman visual yang lebih optimal. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi media alternatif dalam membantu proses belajar penulisan Hangul secara interaktif.
| Dosen Pembimbing: | Reza Giga Isnanda, Dr., S.T., M.Sc. and Apriliya Kurnianti, S.T., M.Eng. | NIDN0503068601, NIDN0518048401 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Hangul, game puzzle, educational app, Unity |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknologi Informasi |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 01 Aug 2025 01:14 |
| Last Modified: | 01 Aug 2025 01:14 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51980 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
