ARDIAN MULYA WINDARWAN (2025) PEMBUATAN APLIKASI GAME PUZZLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENULISAN HANGUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (501kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Minat terhadap bahasa Korea semakin meningkat seiring dengan fenomena Korean Wave. Salah satu aspek penting dalam mempelajari bahasa Korea adalah memahami cara penulisan huruf Hangul, yang memiliki aturan penyusunan blok suku kata tersendiri. Sayangnya, sebagian besar media pembelajaran yang ada hanya menekankan pada pengenalan huruf dasar, tanpa membahas struktur penulisan secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan prototype game puzzle sebagai media pembelajaran penulisan Hangul dalam bentuk aplikasi yang dapat dijalankan secara langsung di perangkat Android. Metode pengembangan yang digunakan mengacu pada tahapan Game Development Life Cycle (GDLC), dengan fokus pada tahap production dan testing. Pengujian dilakukan melalui metode black box, pengujian portabilitas pada ukuran layar berbeda, serta evaluasi pengalaman pengguna melalui kuisioner. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi berfungsi dengan baik di berbagai perangkat, dan responden lebih merekomendasikan penggunaan tablet untuk pengalaman visual yang lebih optimal. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi media alternatif dalam membantu proses belajar penulisan Hangul secara interaktif.

Dosen Pembimbing: Reza Giga Isnanda, Dr., S.T., M.Sc. and Apriliya Kurnianti, S.T., M.Eng. | NIDN0503068601, NIDN0518048401
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hangul, game puzzle, educational app, Unity
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknologi Informasi
Depositing User: Bima
Date Deposited: 01 Aug 2025 01:14
Last Modified: 01 Aug 2025 01:14
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51980

Actions (login required)

View Item View Item