MAULLID AGIL WIJAYA (2025) DETEKSI KERUSAKAN STRUKTUR MODEL JEMBATAN PELENGKUNG DENGAN METODE NON-KONTAK. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (841kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Jembatan lengkung merupakan jembatan bentang panjang yang dipilih karena efisiensi distribusi beban dan nilai estetika. Perencana harus mempertimbangkan tidak hanya beban statis, tetapi juga beban dinamis seperti lalu lintas, angin, dan gempa. Beban-beban ini dapat menimbulkan getaran dan deformasi yang berisiko menyebabkan kerusakan jika tidak dipantau. Oleh karena itu, pemantauan sifat dinamis penting untuk menjamin keselamatan dan umur layan struktur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku dinamis model jembatan pelengkung menggunakan metode non-kontak berbasis kamera. Parameter utama yang diamati meliputi lendutan, frekuensi alami, dan rasio redaman pada kondisi utuh (undamaged) dan rusak (damaged) dalam tiga skema. Kerusakan dibuat dengan mengendurkan seluruh baut pada satu joint hingga kehilangan kekakuan. Pengujian dilakukan secara eksperimental menggunakan dua jenis eksitasi yaitu impact hammer dan Released Load 20 kg. Data getaran direkam secara visual menggunakan kamera Sony A6000 dan dianalisis dengan perangkat lunak Tracker serta Fast Fourier Transform (FFT) dan perhitungan redaman logaritmik. Hasil menunjukkan perbedaan lendutan antara metode kamera dan dial gauge berkisar 4,85% - 5,70%. Frekuensi alami terdeteksi pada rentang 11-28 Hz dan menurun ±46,7% saat rusak. Nilai redaman bervariasi tergantung metode eksitasi dan lokasi kerusakan. Sistem ini terbukti efektif, efisien, dan tanpa kontak langsung.

Dosen Pembimbing: Muhammad Ibnu Syamsi, S.T., M.Eng., Ph.D. | NIDN0523028902
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Arch bridge, non-contact method, natural frequency, damping, deflection
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Bima
Date Deposited: 01 Aug 2025 01:04
Last Modified: 01 Aug 2025 01:04
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51985

Actions (login required)

View Item View Item