ATHIYAH NUR KIFFAH (2025) THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS' WRITING MOTIVATION AND ACADEMIC WRITING ABILITY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Menulis merupakan keterampilan penting dalam pembelajaran bahasa Inggris. Menulis membutuhkan motivasi menulis dan kemampuan menulis akademik agar berhasil. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat motivasi menulis dan kemampuan menulis akademik siswa, serta menemukan korelasi antara motivasi menulis dan kemampuan menulis akademik. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMA di Yogyakarta. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional untuk mengumpulkan data dan melibatkan siswa kelas 11 EFL, dengan total sampel 80 siswa. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen untuk menilai motivasi menulis dan mendokumentasikan skor, sehingga mengidentifikasi kemampuan menulis akademik siswa. Peneliti menemukan bahwa motivasi menulis siswa EFL kelas 11 berada dalam kategori tinggi, dengan skor rata-rata 80,10, dan kemampuan menulis akademik siswa EFL kelas 11 berada dalam kategori baik, dengan skor rata-rata 75,61. Temuan akhir penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi (nilai-ρ) adalah 0,000, dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada korelasi yang signifikan antara motivasi menulis siswa dan kemampuan menulis akademik, dengan tingkat korelasi sedang. Selain itu, temuan ini menunjukkan bahwa motivasi menulis siswa dapat berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan menulis akademik mereka. Oleh karena itu, penerapan strategi pengajaran yang mendorong motivasi intrinsik dan ekstrinsik dalam menulis perlu diprioritaskan dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing.

Dosen Pembimbing: Andi Wirantaka, S.Pd., M.Hum. | NIDN0526078601
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Writing, writing motivation, writing ability, academic writing
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Bima
Date Deposited: 01 Aug 2025 01:02
Last Modified: 01 Aug 2025 01:02
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51986

Actions (login required)

View Item View Item