ATHIYAH NUR KIFFAH (2025) THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS' WRITING MOTIVATION AND ACADEMIC WRITING ABILITY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (298kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (182kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Menulis merupakan keterampilan penting dalam pembelajaran bahasa Inggris. Menulis membutuhkan motivasi menulis dan kemampuan menulis akademik agar berhasil. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat motivasi menulis dan kemampuan menulis akademik siswa, serta menemukan korelasi antara motivasi menulis dan kemampuan menulis akademik. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMA di Yogyakarta. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional untuk mengumpulkan data dan melibatkan siswa kelas 11 EFL, dengan total sampel 80 siswa. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen untuk menilai motivasi menulis dan mendokumentasikan skor, sehingga mengidentifikasi kemampuan menulis akademik siswa. Peneliti menemukan bahwa motivasi menulis siswa EFL kelas 11 berada dalam kategori tinggi, dengan skor rata-rata 80,10, dan kemampuan menulis akademik siswa EFL kelas 11 berada dalam kategori baik, dengan skor rata-rata 75,61. Temuan akhir penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi (nilai-ρ) adalah 0,000, dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada korelasi yang signifikan antara motivasi menulis siswa dan kemampuan menulis akademik, dengan tingkat korelasi sedang. Selain itu, temuan ini menunjukkan bahwa motivasi menulis siswa dapat berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan menulis akademik mereka. Oleh karena itu, penerapan strategi pengajaran yang mendorong motivasi intrinsik dan ekstrinsik dalam menulis perlu diprioritaskan dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing.
| Dosen Pembimbing: | Andi Wirantaka, S.Pd., M.Hum. | NIDN0526078601 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Writing, writing motivation, writing ability, academic writing |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 01 Aug 2025 01:02 |
| Last Modified: | 01 Aug 2025 01:02 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51986 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
