FAHRUR ROZY (2025) DETEKSI KERUSAKAN STRUKTUR MODEL JEMBATAN PELENGKUNG DENGAN ACCELEROMETER. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (16kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Perkembangan teknologi jembatan menuntut analisis dinamis yang lebih akurat terhadap struktur jembatan lengkung, khususnya dalam memprediksi karakteristik frekuensi alami yang berpengaruh pada keamanan dan kinerja struktur. Benda uji berupa spesimen jembatan lengkung dengan kabel penggantung dengan panjang 300 cm, lebar 60 cm, dan tinggi 80 cm.Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis reaksi statis dan dinamis sistem struktur dari gaya yang diterima. Reaksi statis berupa lendutan dan reaksi dinamis berupa frekuensi alami dan rasio redaman. Metode yang digunakan pada penelitian ini meliputi simulasi pemodelan menggunakan program numerik, serta pengujian secara langsung. Pengujian dilakukan dengan memberikan beban kejut pada benda uji berupa impact hammer dan Released Load 20 kg dengan variasi skema kerusakan. Getaran yang terjadi pada setiap skema kerusakan direkam menggunakan accelerometer. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan antara metode permodelan dan metode pengujian khususnya pada nilai frekuensi alami. Pada metode permodelan mampu mendeteksi 8 nilai frekuensi alami pada rentang 0-50 Hz, sedangkan metode pengujian hanya mendeteksi tiga nilai frekuensi alami. Kondisi benda uji sangat mempengaruhi pada saat pengujian lendutan, dnegan nilai persentase kenaikan dari skema 1, 2, dan 3 adalah 101%, 99%, dan 50% dari kondisi undamaged. Kondisi benda uji pada pengujian frekuensi alami sangat mempengaruhi hasil, dengan nilai persentarse penurunan dari skema 1, 2, dan 3 adalah 24%, 13%, dan 7% dari kondisi undamaged. Sedangkan pada nilai rasio redaman menghasilkan nilai yang variatif dengan nilai persentase kenaikan dari skema 1, 2, dan 3 adalah 115%, 144%, dan 22% dari kondisi undamaged. Dari penelitian ini menegaskan bahwa respon statis dan dinamis dari suatu sistem merupakan hal yang penting dikarenakan dapat mendeteksi kerusakan pada suatu sistem struktur.

Dosen Pembimbing: Muhammad Ibnu Syamsi, S.T., M.Eng., Ph.D. | NIDN0523028902
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Accelerometer, Fast Fourier Transform, Natural Frequency, Deflection, Damping Ratio
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Bima
Date Deposited: 17 Jul 2025 08:04
Last Modified: 17 Jul 2025 08:04
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51991

Actions (login required)

View Item View Item