NUNUNG RAMADHANI KAPOTA (2025) EXPLORING THE ROLE OF TIKTOK IN IMPROVING ENGLISH LANGUAGE COMPETENCE FOR STUDENTS AT AN ENGLISH LANGUAGE EDUCATION DEPARTMENT IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (434kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (181kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
TikTok merupakan platform media sosial hiburan yang saat ini mulai dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, termasuk untuk pembelajaran bahasa Inggris. Banyak mahasiswa yang menggunakan TikTok untuk membantu meningkatkan kompetensi bahasa Inggris mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kegiatan yang efektif dan kelemahan penggunaan TikTok sebagai media untuk meningkatkan kompetensi bahasa Inggris bagi mahasiswa pendidikan bahasa Inggris. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan mewawancarai enam partisipan yang merupakan mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Inggris angkatan 2021 di salah satu universitas swasta di Yogyakarta. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa aktivitas efektif yang dapat dilakukan di TikTok adalah menonton konten bahasa Inggris, mengikuti tantangan berbicara menggunakan fitur stitch, mengikuti tantangan membaca menggunakan fitur stitch, mengikuti sesi belajar bahasa Inggris secara langsung, membuat komentar dan caption, bermain game belajar bahasa Inggris, menggunak an fitur duet, dan menggunakan filter belajar bahasa Inggris. Selain itu, siswa juga menemukan kelemahan TikTok sebagai media untuk meningkatkan kompetensi bahasa Inggris, yaitu terganggu oleh video yang tidak berhubungan, konten pembelajaran bahasa Inggris yang tidak terstruktur, kurangnya umpan balik pembelajaran, dan keterbatasan pembelajaran bahasa Inggris yang mendalam.
| Dosen Pembimbing: | Andi Wirantaka, S.Pd., M.Hum. | NIDN0526078601 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | TikTok, English competence, Effective activities, TikTok weaknesses, Student perceptions |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 17 Jul 2025 07:58 |
| Last Modified: | 17 Jul 2025 07:58 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51997 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
