NUNUNG RAMADHANI KAPOTA (2025) EXPLORING THE ROLE OF TIKTOK IN IMPROVING ENGLISH LANGUAGE COMPETENCE FOR STUDENTS AT AN ENGLISH LANGUAGE EDUCATION DEPARTMENT IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (434kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

TikTok merupakan platform media sosial hiburan yang saat ini mulai dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, termasuk untuk pembelajaran bahasa Inggris. Banyak mahasiswa yang menggunakan TikTok untuk membantu meningkatkan kompetensi bahasa Inggris mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kegiatan yang efektif dan kelemahan penggunaan TikTok sebagai media untuk meningkatkan kompetensi bahasa Inggris bagi mahasiswa pendidikan bahasa Inggris. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan mewawancarai enam partisipan yang merupakan mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Inggris angkatan 2021 di salah satu universitas swasta di Yogyakarta. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa aktivitas efektif yang dapat dilakukan di TikTok adalah menonton konten bahasa Inggris, mengikuti tantangan berbicara menggunakan fitur stitch, mengikuti tantangan membaca menggunakan fitur stitch, mengikuti sesi belajar bahasa Inggris secara langsung, membuat komentar dan caption, bermain game belajar bahasa Inggris, menggunak an fitur duet, dan menggunakan filter belajar bahasa Inggris. Selain itu, siswa juga menemukan kelemahan TikTok sebagai media untuk meningkatkan kompetensi bahasa Inggris, yaitu terganggu oleh video yang tidak berhubungan, konten pembelajaran bahasa Inggris yang tidak terstruktur, kurangnya umpan balik pembelajaran, dan keterbatasan pembelajaran bahasa Inggris yang mendalam.

Dosen Pembimbing: Andi Wirantaka, S.Pd., M.Hum. | NIDN0526078601
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: TikTok, English competence, Effective activities, TikTok weaknesses, Student perceptions
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Bima
Date Deposited: 17 Jul 2025 07:58
Last Modified: 17 Jul 2025 07:58
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51997

Actions (login required)

View Item View Item