REVALDO SEPTIAN NUGROHO (2025) ANALISIS KESELAMATAN JALAN PADA RUAS JALAN DEMAKIJO – KEBONAGUNG 1 KM 14,5 – 17,4, KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keselamatan jalan pada ruas Jalan Demakijo–Kebonagung 1 Km 14,5 hingga Km 17,4 di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Analisis difokuskan pada empat aspek utama, yaitu karakteristik kecelakaan, evaluasi infrastruktur jalan berdasarkan pedoman Audit Keselamatan Jalan (AKJ) tahun 2024, analisis kecepatan kendaraan terhadap potensi kecelakaan, serta menganalisis konflik lalu lintas menggunakan metode Traffic Conflict Technique (TCT). Berdasarkan data Kepolisian Resor Sleman, selama periode 2021–2024 tercatat 237 kasus kecelakaan di ruas Demakijo– Kebonagung 1, dengan 49 kasus di segmen Km 14,5–17,4. Jenis kecelakaan terbanyak adalah tabrakan depan–samping (12 kejadian) yang didominasi oleh sepeda motor. Hasil audit menunjukkan kekurangan pada rambu yang usang, marka jalan yang pudar, penerangan jalan yang tidak merata, dan vegetasi yang mengganggu visibilitas. Analisis kecepatan menunjukkan 42,7% sepeda motor dan 50,5% mobil melaju dengan kecepatan 40–49 km/jam. Kendaraan berat sebagian besar berada di rentang 30–49 km/jam. Analisis konflik lalu lintas menunjukkan bahwa simpang tak bersinyal, seperti Simpang Sumberarum dan Pakeran– Bakungan, memiliki jumlah konflik serius yang lebih tinggi, dengan persentase konflik serius mencapai 38,46% pada salah satu titik. Sebaliknya, simpang bersinyal seperti Simpang Singojayan mencatatkan konflik serius yang lebih terkendali di bawah 30%. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kecepatan kendaraan yang cukup tinggi, fasilitas jalan yang belum sepenuhnya memenuhi standar keselamatan, serta minimnya pengendalian lalu lintas di simpang tak bersinyal menjadi faktor utama yang meningkatkan potensi kecelakaan di lokasi tersebut. Diperlukan penanganan berupa peningkatan fasilitas keselamatan jalan, manajemen simpang, serta pengawasan kecepatan untuk menurunkan tingkat risiko kecelakaan.

Dosen Pembimbing: Noor Mahmudah, Dr. Ir., S.T., M.Eng., IPM., ASEAN Eng. | NIDN0003107001
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: road safety, spotspeed, road safety audit, traffic conflict technique, serious conflict
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Bima
Date Deposited: 17 Jul 2025 06:51
Last Modified: 17 Jul 2025 06:51
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52012

Actions (login required)

View Item View Item