RAHMAT DARMAWAN (2025) PERAN INTEGRITAS AKADEMIK DALAM MEMODERASI PENGARUH PENGGUNAAN KECERDASAN BUATAN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR DESAIN DI KALANGAN MAHASISWA AKUNTANSI. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penggunaan kecerdasan buatan/artificial intelligence (AI) dalam pendidikan tinggi, khususnya dalam pendidikan akuntansi, semakin meningkat seiring dengan kebutuhan akan inovasi pembelajaran yang adaptif. Namun, pengaruh AI terhadap keterampilan berpikir desain mahasiswa belum sepenuhnya dipahami, terutama dalam kaitannya dengan faktor moderasi seperti integritas akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan AI terhadap keterampilan berpikir desain mahasiswa akuntansi serta peran moderasi dari integritas akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Partial Least SquaresStructural Equation Modeling (PLS-SEM), dan melibatkan 323 mahasiswa akuntansi di Indonesia yang telah menggunakan AI dalam kegiatan akademik. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan AI berpengaruh positif signifikan terhadap keterampilan berpikir desain. Integritas akademik juga terbukti memperkuat hubungan tersebut secara signifikan, sekaligus menunjukkan pengaruh langsung terhadap keterampilan berpikir desain. Temuan ini memperkuat Social Cognitive Theory (SCT) yang menekankan pentingnya interaksi antara faktor personal, lingkungan, dan perilaku dalam proses pembelajaran. Implikasi praktis dari penelitian ini mencakup pentingnya kebijakan akademik yang menyeimbangkan penggunaan AI dengan prinsip etika, serta perlunya integrasi literasi digital dan etika akademik dalam kurikulum akuntansi. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap literatur dengan menyoroti integritas akademik sebagai moderator yang jarang dieksplorasi dalam studi sejenis. Keterbatasan studi mencangkup pada pendekatan kuantitatif yang belum menangkap secara mendalam pengalaman subjektif mahasiswa, serta belum membedakan jenis AI yang digunakan. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya disarankan menggunakan pendekatan kualitatif atau mixed-method, memperluas sampel lintas negara, serta mengkaji pengaruh jenis AI dan variabel tambahan seperti creative self-efficacy atau literasi digital.

Dosen Pembimbing: Harjanti Widiastuti, Dr., S.E., M.Si. | NIDN0016067301
Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Design Thinking Skills, Artificial Intelligence (AI) Usage, Academic Integrity
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Akuntansi
Depositing User: Bima
Date Deposited: 17 Jul 2025 06:45
Last Modified: 17 Jul 2025 06:45
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52017

Actions (login required)

View Item View Item