RAHMAT DARMAWAN (2025) PERAN INTEGRITAS AKADEMIK DALAM MEMODERASI PENGARUH PENGGUNAAN KECERDASAN BUATAN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR DESAIN DI KALANGAN MAHASISWA AKUNTANSI. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (629kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (257kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
Abstract
Penggunaan kecerdasan buatan/artificial intelligence (AI) dalam pendidikan tinggi, khususnya dalam pendidikan akuntansi, semakin meningkat seiring dengan kebutuhan akan inovasi pembelajaran yang adaptif. Namun, pengaruh AI terhadap keterampilan berpikir desain mahasiswa belum sepenuhnya dipahami, terutama dalam kaitannya dengan faktor moderasi seperti integritas akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan AI terhadap keterampilan berpikir desain mahasiswa akuntansi serta peran moderasi dari integritas akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Partial Least SquaresStructural Equation Modeling (PLS-SEM), dan melibatkan 323 mahasiswa akuntansi di Indonesia yang telah menggunakan AI dalam kegiatan akademik. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan AI berpengaruh positif signifikan terhadap keterampilan berpikir desain. Integritas akademik juga terbukti memperkuat hubungan tersebut secara signifikan, sekaligus menunjukkan pengaruh langsung terhadap keterampilan berpikir desain. Temuan ini memperkuat Social Cognitive Theory (SCT) yang menekankan pentingnya interaksi antara faktor personal, lingkungan, dan perilaku dalam proses pembelajaran. Implikasi praktis dari penelitian ini mencakup pentingnya kebijakan akademik yang menyeimbangkan penggunaan AI dengan prinsip etika, serta perlunya integrasi literasi digital dan etika akademik dalam kurikulum akuntansi. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap literatur dengan menyoroti integritas akademik sebagai moderator yang jarang dieksplorasi dalam studi sejenis. Keterbatasan studi mencangkup pada pendekatan kuantitatif yang belum menangkap secara mendalam pengalaman subjektif mahasiswa, serta belum membedakan jenis AI yang digunakan. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya disarankan menggunakan pendekatan kualitatif atau mixed-method, memperluas sampel lintas negara, serta mengkaji pengaruh jenis AI dan variabel tambahan seperti creative self-efficacy atau literasi digital.
| Dosen Pembimbing: | Harjanti Widiastuti, Dr., S.E., M.Si. | NIDN0016067301 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S2) |
| Uncontrolled Keywords: | Design Thinking Skills, Artificial Intelligence (AI) Usage, Academic Integrity |
| Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Akuntansi |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 17 Jul 2025 06:45 |
| Last Modified: | 17 Jul 2025 06:45 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52017 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
