AULLYA BINTANG PUSPA RANI (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN UMKM PETANI MELON PICK A RIPE SLEMAN MELALUI INSTAGRAM @PICKARIPE UNTUK MEMBANGUN BRAND AWARENESS TAHUN 2024. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (392kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (354kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pick A Ripe merupakan usaha budidaya melon premium berbasis greenhouse yang masih tergolong baru karena didirikan tahun 2023 dan berupaya untuk memperkenalkan produknya secara lebih luas kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh UMKM Petani Melon Pick A Ripe Sleman melalui platform Instagram @pickaripe dalam membangun Brand Awareness pada tahun 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini menggunakan teori komunikasi pemasaran digital, segmenting, targeting, dan positioning (STP), bauran pemasaran (4P), model aisas, dan brand awareness. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pick A Ripe memanfaatkan Instagram sebagai media utama pemasaran dengan penekanan pada aspek publikasi seperti edukasi, storytelling dan pencitraan merek serta melengkapi strategi tersebut dengan satu bentuk promosi penjualan. Strategi ini dijalankan untuk membangun brand awareness secara bertahap agar audiens mengenali dan mengingat keberadaan merek sebagai pilihan buah melon premium yang segar, berkualitas, serta dipilih secara teliti untuk mendukung kesehatan.

Dosen Pembimbing: Sovia Sitta Sari, S.IP., M.Si. | NIDN0503036901
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Marketing communication strategy, Instagram, brand awareness, UMKM, AISAS, Pick A Ripe
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Bima
Date Deposited: 17 Jul 2025 06:40
Last Modified: 17 Jul 2025 06:40
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52020

Actions (login required)

View Item View Item