AULLYA BINTANG PUSPA RANI (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN UMKM PETANI MELON PICK A RIPE SLEMAN MELALUI INSTAGRAM @PICKARIPE UNTUK MEMBANGUN BRAND AWARENESS TAHUN 2024. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (392kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (69kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (354kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pick A Ripe merupakan usaha budidaya melon premium berbasis greenhouse yang masih tergolong baru karena didirikan tahun 2023 dan berupaya untuk memperkenalkan produknya secara lebih luas kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh UMKM Petani Melon Pick A Ripe Sleman melalui platform Instagram @pickaripe dalam membangun Brand Awareness pada tahun 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini menggunakan teori komunikasi pemasaran digital, segmenting, targeting, dan positioning (STP), bauran pemasaran (4P), model aisas, dan brand awareness. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pick A Ripe memanfaatkan Instagram sebagai media utama pemasaran dengan penekanan pada aspek publikasi seperti edukasi, storytelling dan pencitraan merek serta melengkapi strategi tersebut dengan satu bentuk promosi penjualan. Strategi ini dijalankan untuk membangun brand awareness secara bertahap agar audiens mengenali dan mengingat keberadaan merek sebagai pilihan buah melon premium yang segar, berkualitas, serta dipilih secara teliti untuk mendukung kesehatan.
| Dosen Pembimbing: | Sovia Sitta Sari, S.IP., M.Si. | NIDN0503036901 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Marketing communication strategy, Instagram, brand awareness, UMKM, AISAS, Pick A Ripe |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 17 Jul 2025 06:40 |
| Last Modified: | 17 Jul 2025 06:40 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52020 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
