SHAFA ILHAMI ARBI (2025) RELEVANSI KONFLIK DAN PEMECAHANNYA PADA ANIME ONE PIECE TEORI PSIKOLOGI KOGNITIF: (ANALISIS PENGEMBANGAN KARAKTER DAN PEMBELAJARAN ISLAM). S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (440kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relevansi konflik dan pemecahannya dalam Anime One Piece, khususnya pada Arc Wano, melalui perspektif teori psikologi kognitif dan pembelajaran Islam. Dengan menggunakan pendekatan analisis isi (content analysis), penelitian ini mengkaji bagaimana nilai-nilai moral dan etika yang ditampilkan dalam karakterkarakter One Piece dapat dikaitkan dengan ajaran Islam, serta bagaimana konflik-konflik dalam cerita relevan dengan konsep psikologi kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter-karakter seperti Luffy, Momonosuke, Trafalgar Law, dan Zoro mengalami perkembangan signifikan melalui konflik internal dan eksternal, yang mencerminkan proses kognitif seperti asimilasi, akomodasi, dan disonansi kognitif. Selain itu, metode penyelesaian konflik dalam Arc Wano memiliki kesamaan dengan prinsip-prinsip Islam seperti ta’awun (tolong-menolong), syura (musyawarah), dan keadilan. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi pendidikan karakter dan pembelajaran Islam, dengan menawarkan media populer seperti anime sebagai alat pembelajaran yang efektif untuk menanamkan nilai-nilai moral dan etika.

Dosen Pembimbing: Azam Syukur Rahmatullah, Prof. Dr., S.H.I., M.S.I., M.A.,M.Psi., | NIDN2112038102
Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Conflict, Cognitive Psychology, Islamic Learning, One Piece Anime, Character Development, Moral Values, Wano Arc
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 17 Jul 2025 06:32
Last Modified: 17 Jul 2025 06:32
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52026

Actions (login required)

View Item View Item