ANGGITA PUTRI ALIFIANI (2025) DAMPAK BEBAN GANDAR DAN REPETISI BEBAN TERHADAP INTEGRITAS STRUKTURAL JALUR REL: STUDI KASUS MENGGUNAKAN KENTRACK. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (502kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (99kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (801kB) |
Abstract
Struktur jalan rel merupakan bagian krusial dari sistem perkeretaapian yang harus mampu menahan beban berulang dan beban gandar kereta api dalam jangka waktu yang panjang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variasi beban gandar dan repetisi beban terhadap integritas struktural jalur rel, khususnya pada lapisan tanah dasar dan lapisan aspal, menggunakan perangkat lunak KENTRACK. Metode yang digunakan berupa simulasi numerik terhadap beberapa parameter, seperti variasi beban gandar 27.000 lbs, 36.000 lbs, dan 45.000 lbs, repetisi beban 1.314.000 hingga 2.190.000 pengulangan per tahun, ketebalan lapisan balas, serta modulus elastisitas balas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan beban gandar dan repetisi beban berdampak signifikan terhadap tegangan tekan pada subgrade dan regangan tarik pada lapisan aspal. Penambahan beban gandar dari 27.000 lbs menjadi 45.000 lbs menurunkan umur desain tanah dasar dari 23,1 tahun menjadi 3,7 tahun, serta umur desain aspal dari 39,6 tahun menjadi 7 tahun. Selain itu, peningkatan repetisi beban juga mempercepat penurunan umur layanan struktur rel. Sementara itu, peningkatan ketebalan lapisan balas dan modulus elastisitas dapat memperpanjang umur layanan rel. Temuan ini dapat digunakan sebagai acuan dalam merancang struktur jalur rel yang lebih tahan terhadap beban berulang dan meningkatkan efisiensi serta keselamatan transportasi kereta api.
| Dosen Pembimbing: | Dian Setiawan M., Dr., S.T., M.Sc. | NIDN0530078801 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Axle load, Load repetition, Rail track, KENTRACK, Design life |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 17 Jul 2025 06:24 |
| Last Modified: | 17 Jul 2025 06:24 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52031 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
