ANGGITA PUTRI ALIFIANI (2025) DAMPAK BEBAN GANDAR DAN REPETISI BEBAN TERHADAP INTEGRITAS STRUKTURAL JALUR REL: STUDI KASUS MENGGUNAKAN KENTRACK. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (801kB)

Abstract

Struktur jalan rel merupakan bagian krusial dari sistem perkeretaapian yang harus mampu menahan beban berulang dan beban gandar kereta api dalam jangka waktu yang panjang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variasi beban gandar dan repetisi beban terhadap integritas struktural jalur rel, khususnya pada lapisan tanah dasar dan lapisan aspal, menggunakan perangkat lunak KENTRACK. Metode yang digunakan berupa simulasi numerik terhadap beberapa parameter, seperti variasi beban gandar 27.000 lbs, 36.000 lbs, dan 45.000 lbs, repetisi beban 1.314.000 hingga 2.190.000 pengulangan per tahun, ketebalan lapisan balas, serta modulus elastisitas balas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan beban gandar dan repetisi beban berdampak signifikan terhadap tegangan tekan pada subgrade dan regangan tarik pada lapisan aspal. Penambahan beban gandar dari 27.000 lbs menjadi 45.000 lbs menurunkan umur desain tanah dasar dari 23,1 tahun menjadi 3,7 tahun, serta umur desain aspal dari 39,6 tahun menjadi 7 tahun. Selain itu, peningkatan repetisi beban juga mempercepat penurunan umur layanan struktur rel. Sementara itu, peningkatan ketebalan lapisan balas dan modulus elastisitas dapat memperpanjang umur layanan rel. Temuan ini dapat digunakan sebagai acuan dalam merancang struktur jalur rel yang lebih tahan terhadap beban berulang dan meningkatkan efisiensi serta keselamatan transportasi kereta api.

Dosen Pembimbing: Dian Setiawan M., Dr., S.T., M.Sc. | NIDN0530078801
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Axle load, Load repetition, Rail track, KENTRACK, Design life
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Bima
Date Deposited: 17 Jul 2025 06:24
Last Modified: 17 Jul 2025 06:24
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52031

Actions (login required)

View Item View Item