ANANDA MELINDA RAHMAH (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WAYANG JOGJA NIGHT CARNIVAL #9 (WJNC #9) TAHUN 2024 MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @WJNC.OFFICIAL DALAM MENINGKATKAN MINAT UNTUK BERKUNJUNG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (893kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (656kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (833kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Indonesia memiliki jumlah pengguna internet yang besar dan aktif. Instagram sendiri merupakan media sosial terpopuler kedua di Indonesia. Melihat potensi ini, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta memanfaatkan Instagram untuk memasarkan Wayang Jogja Night Carnival #9 (WJNC #9). Namun, terdapat tiga tantangan utama dalam pemasaran acara kebudayaan ini antara lain, menurunnya minat terhadap budaya lokal, banyaknya acara kebudayaan serupa, serta meningkatnya target jumlah penonton. Oleh karena itu, strategi pemasaran yang efektif perlu disusun untuk menarik minat masyarakat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data berasal dari wawancara dan dokumen. Uji validitas yang digunakan adalah dengan melakukan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran WJNC #9 menggunakan 4 elemen bauran komunikasi pemasaran yaitu, iklan, sales promotion, public relations, dan pemasaran melalui media sosial. Instagram menjadi media sosial yang digunakan pada pemasaran dengan akun @wjnc.official. Pemasaran di Instagram ini memanfaatkan dua pendekatan yaitu, social media maintenance (penggunaan fitur Instagram) dan social media endorsment (kerja sama dengan influencer). Kedua strategi ini ditujukan untuk menarik minat target audiens. Dalam mengukur keberhasilan pemasarannya, pihak WJNC #9 hanya melihat pada insight dari profil Instagram @wjnc.official.
| Dosen Pembimbing: | Zuhdan Aziz, S.IP., S.Sn., M.Sn. | NIDN0528107403 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Marketing Communication Strategy, Instagram, Interest in Visiting, WJNC |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 17 Jul 2025 04:46 |
| Last Modified: | 17 Jul 2025 04:46 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52034 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
