ANANDA MELINDA RAHMAH (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WAYANG JOGJA NIGHT CARNIVAL #9 (WJNC #9) TAHUN 2024 MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @WJNC.OFFICIAL DALAM MENINGKATKAN MINAT UNTUK BERKUNJUNG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (893kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (833kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Indonesia memiliki jumlah pengguna internet yang besar dan aktif. Instagram sendiri merupakan media sosial terpopuler kedua di Indonesia. Melihat potensi ini, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta memanfaatkan Instagram untuk memasarkan Wayang Jogja Night Carnival #9 (WJNC #9). Namun, terdapat tiga tantangan utama dalam pemasaran acara kebudayaan ini antara lain, menurunnya minat terhadap budaya lokal, banyaknya acara kebudayaan serupa, serta meningkatnya target jumlah penonton. Oleh karena itu, strategi pemasaran yang efektif perlu disusun untuk menarik minat masyarakat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data berasal dari wawancara dan dokumen. Uji validitas yang digunakan adalah dengan melakukan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran WJNC #9 menggunakan 4 elemen bauran komunikasi pemasaran yaitu, iklan, sales promotion, public relations, dan pemasaran melalui media sosial. Instagram menjadi media sosial yang digunakan pada pemasaran dengan akun @wjnc.official. Pemasaran di Instagram ini memanfaatkan dua pendekatan yaitu, social media maintenance (penggunaan fitur Instagram) dan social media endorsment (kerja sama dengan influencer). Kedua strategi ini ditujukan untuk menarik minat target audiens. Dalam mengukur keberhasilan pemasarannya, pihak WJNC #9 hanya melihat pada insight dari profil Instagram @wjnc.official.

Dosen Pembimbing: Zuhdan Aziz, S.IP., S.Sn., M.Sn. | NIDN0528107403
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Marketing Communication Strategy, Instagram, Interest in Visiting, WJNC
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Bima
Date Deposited: 17 Jul 2025 04:46
Last Modified: 17 Jul 2025 04:46
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52034

Actions (login required)

View Item View Item