KAYLA ZEVANI (2025) IMPLEMENTASI ASAS FASILITAS DAN PERLAKUAN KHUSUS BAGI KELOMPOK RENTAN DALAM PELAYANAN TRANSPORTASI OLEH PT KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAERAH OPERASI 6 YOGYAKARTA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NO.25 TAHUN 2009 TENTANG PELAYANAN PUBLIK. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (964kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (484kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (862kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Implementasi asas fasilitas dan perlakuan khusus bagi kelompok rentan dalam pelayanan transportasi oleh PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik menjadi fokus penelitian ini. Asas tersebut bertujuan menjamin akses dan manfaat pelayanan publik yang setara bagi kelompok rentan, seperti penyandang disabilitas, lansia, dan ibu hamil. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi asas tersebut serta mengidentifikasi faktor penghambatnya. Metode penelitian yang digunakan adalah hukum empiris dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, studi pustaka, dan analisis bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT KAI Daop VI Yogyakarta telah menyediakan berbagai fasilitas bagi kelompok rentan, seperti jalur landai, guiding block, kursi prioritas, ruang laktasi, toilet ramah disabilitas, dan loket khusus, serta kebijakan pelayanan prioritas dalam pemesanan tiket dan proses boarding. Namun, implementasinya belum sepenuhnya optimal. Faktor penghambat meliputi keterbatasan fasilitas di stasiun kecil, rendahnya kesadaran masyarakat, kerusakan fasilitas, dan kekurangan petugas terlatih. Dari segi hukum, kurangnya penegakan sanksi terhadap pelanggaran standar pelayanan publik serta minimnya pengawasan dan evaluasi oleh ombudsman atau instansi terkait turut menjadi kendala. Penelitian ini menyimpulkan bahwa upaya lebih lanjut diperlukan untuk memastikan pelaksanaan asas fasilitas dan perlakuan khusus bagi kelompok rentan sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009.

Dosen Pembimbing: Beni Hidayat, Dr., S.H., M.Hum. | NIDN0531127301
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Asas Fasilitas, Kelompok Rentan, Pelayanan Publik, PT KAI DAOP VI Yogyakarta
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Hukum
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 14 Aug 2025 06:18
Last Modified: 14 Aug 2025 06:18
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52040

Actions (login required)

View Item View Item