PUSPANIAR SALSABILLA (2025) RISIKO KECELAKAAN KERJA PADA PROYEK PEMBANGUNAN BOX UNDERPASS JALAN TOL (STUDI KASUS: PEMBANGUNAN JALAN TOL SOLO -YOGYAKARTA - NYIA KULONPROGO, PAKET 1.2 SEKSI 1 KLATEN - PURWOMARTANI). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (286kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (20kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (585kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Salah satu bagian dari proyek infrastruktur yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi adalah pembangunan jalan tol di Indonesia. Namun, sudah diketahui bahwa proyek konstruksi memiliki tingkat kecelakaan kerja yang tinggi. Pada tahun 2020 tercatat 153.044 insiden, dengan sektor konstruksi menyumbang sekitar 32% dari total insiden dan risiko kematian lima kali lebih tinggi dibandingkan dengan industri manufaktur. Tingginya jumlah kecelakaan ini menunjukkan bahwa penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) masih kurang. Untuk mengedepankan keselamatan dan mengurangi jumlah kecelakaan kerja, sangat penting untuk menerapkan K3 sepenuhnya. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan melalui metode kuesioner yang diberikan kepada orang-orang yang terlibat dalam pembangunan box underpass di jalan tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo. Selanjutnya, data tersebut diuraikan menggunakan metode matriks risiko, yang mengacu pada matriks risiko AS/NZS 4360:2004. Hasil analisis menunjukkan bahwa pekerjaan pemasangan bekisting box underpass memiliki nilai 3,72 dan merupakan pekerjaan dengan risiko kategori level rendah. Pekerjaan pembesian top slab box underpass menerima nilai rata-rata sebesar 4.98 dan merupakan pekerjaan dengan kategori risiko tingkat rendah. Pekerjaan pembesian botton slab dan wall box underpass menerima nilai rata-rata sebesar 4,95, dan pengecoran top slab box underpass menerima nilai rata-rata sebesar 4,53. Sebagaimana ditunjukkan oleh hasil penelitian dan analisis, "Kecelakaan Kerja Pada Proyek Pembangunan Box Underpass Jalan Tol Solo Yogyakarta-NYIA Kulon Progo, Klaten-Purwamartani" memiliki nilai 4.55 dan termasuk dalam kategori "Risiko Rendah".
| Dosen Pembimbing: | Muhammad Heri Zulfiar, Dr. Ir., S.T., M.T. | NIDN0515026701 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Work Accidents, Occupational Health and Safety (OHS), Toll Roads, AS/NZS 4360:2004 Risk Matrix |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
| Depositing User: | Eko Kurnawan |
| Date Deposited: | 14 Aug 2025 05:54 |
| Last Modified: | 14 Aug 2025 05:54 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52048 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
