PUSPANIAR SALSABILLA (2025) RISIKO KECELAKAAN KERJA PADA PROYEK PEMBANGUNAN BOX UNDERPASS JALAN TOL (STUDI KASUS: PEMBANGUNAN JALAN TOL SOLO -YOGYAKARTA - NYIA KULONPROGO, PAKET 1.2 SEKSI 1 KLATEN - PURWOMARTANI). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (20kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu bagian dari proyek infrastruktur yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi adalah pembangunan jalan tol di Indonesia. Namun, sudah diketahui bahwa proyek konstruksi memiliki tingkat kecelakaan kerja yang tinggi. Pada tahun 2020 tercatat 153.044 insiden, dengan sektor konstruksi menyumbang sekitar 32% dari total insiden dan risiko kematian lima kali lebih tinggi dibandingkan dengan industri manufaktur. Tingginya jumlah kecelakaan ini menunjukkan bahwa penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) masih kurang. Untuk mengedepankan keselamatan dan mengurangi jumlah kecelakaan kerja, sangat penting untuk menerapkan K3 sepenuhnya. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan melalui metode kuesioner yang diberikan kepada orang-orang yang terlibat dalam pembangunan box underpass di jalan tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo. Selanjutnya, data tersebut diuraikan menggunakan metode matriks risiko, yang mengacu pada matriks risiko AS/NZS 4360:2004. Hasil analisis menunjukkan bahwa pekerjaan pemasangan bekisting box underpass memiliki nilai 3,72 dan merupakan pekerjaan dengan risiko kategori level rendah. Pekerjaan pembesian top slab box underpass menerima nilai rata-rata sebesar 4.98 dan merupakan pekerjaan dengan kategori risiko tingkat rendah. Pekerjaan pembesian botton slab dan wall box underpass menerima nilai rata-rata sebesar 4,95, dan pengecoran top slab box underpass menerima nilai rata-rata sebesar 4,53. Sebagaimana ditunjukkan oleh hasil penelitian dan analisis, "Kecelakaan Kerja Pada Proyek Pembangunan Box Underpass Jalan Tol Solo Yogyakarta-NYIA Kulon Progo, Klaten-Purwamartani" memiliki nilai 4.55 dan termasuk dalam kategori "Risiko Rendah".

Dosen Pembimbing: Muhammad Heri Zulfiar, Dr. Ir., S.T., M.T. | NIDN0515026701
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Work Accidents, Occupational Health and Safety (OHS), Toll Roads, AS/NZS 4360:2004 Risk Matrix
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 14 Aug 2025 05:54
Last Modified: 14 Aug 2025 05:54
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52048

Actions (login required)

View Item View Item