CINDY MULYA (2025) ANALISIS KONTEN PADA KAMPANYE PENDIDIKAN SEKSUALITAS BERBASIS ISLAM PADA AKUN INSTAGRAM @TAULEBIH.ID. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (303kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (195kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan media sosial, khususnya Instagram, telah membuka ruang baru dalam penyebaran informasi pendidikan seksualitas. Namun, isu ini masih dianggap tabu di masyarakat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konten kampanye pendidikan seksualitas berbasis Islam yang dipublikasikan oleh akun Instagram @taulebih.id serta bagaimana konstruksi sosial terhadap seksualitas dibentuk melalui konten tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi, serta memanfaatkan teori konstruksi sosial dari Peter L. Berger dan Thomas Luckmann sebagai kerangka analisis. Data diperoleh dari dokumentasi unggahan konten akun @taulebih.id pada periode September 2024 hingga Februari 2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun @taulebih.id secara konsisten menyajikan konten edukatif mengenai isu-isu seksualitas dengan pendekatan yang santun, komunikatif, dan inklusif. Konten tersebut membentuk realitas baru melalui tiga tahap konstruksi sosial: eksternalisasi (penyampaian gagasan), objektivasi (penerimaan sosial), dan internalisasi (penerimaan pribadi). Interaksi dengan audiens melalui komentar memperkuat proses konstruksi ini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa @taulebih.id berhasil menjadi medium dakwah digital yang efektif dalam memecah stigma pendidikan seksualitas di kalangan muda Muslim.
| Dosen Pembimbing: | Muhammad Nurul Yamin, Dr. Drs., M.Si | NIDN0527096201 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Instagram, sexuality education, social construction, Islamic content |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
| Depositing User: | Eko Kurnawan |
| Date Deposited: | 12 Aug 2025 09:45 |
| Last Modified: | 12 Aug 2025 09:45 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52061 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
