RITA (2025) HUBUNGAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI AI CHATGPT DENGAN CRITICAL THIKING MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM PEMBELAJARAN TUTORIAL PSK UMY ANGKATAN 2021 DAN 2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (394kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk pendidikan keperawatan. Salah satu inovasi yang banyak digunakan adalah ChatGPT, yang mampu membantu mahasiswa dalam memperoleh informasi dan referensi secara cepat. Namun, masih diperlukan bukti empiris mengenai dampak penggunaan ChatGPT terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa keperawatan, khususnya dalam pembelajaran berbasis tutorial. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan teknologi AI ChatGPT dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dalam proses pembelajaran tutorial. Metode: Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan pendekatan crosssectional. Sampel penelitian melibatkan 178 mahasiswa keperawatan angkatan 2021 dan 2022. yang mengikuti pembelajaran tutorial, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa keperawatan UMY menggunakan ChatGPT dalam kategori sedang (51,1%) dan memiliki kemampuan berpikir kritis dalam kategori kurang (63,5%). Analisis statistik menggunakan uji Spearman Rank menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan ChatGPT dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa (p = 0,414; r = 0,062). Kesimpulan: Temuan ini mengindikasikan bahwa meskipun ChatGPT dapat digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran, penggunaannya tidak sertamerta meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam tutorial berbasis PBL.

Dosen Pembimbing: Lisa Musharyanti, Dr., S.Kep., Ners., M.Med.Ed. | NIDN0525118001
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ChatGPT, Critical Thinking, Problem Based Learning, Nursing Student
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Keperawatan
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 12 Aug 2025 09:40
Last Modified: 12 Aug 2025 09:40
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52064

Actions (login required)

View Item View Item