RITA (2025) HUBUNGAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI AI CHATGPT DENGAN CRITICAL THIKING MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM PEMBELAJARAN TUTORIAL PSK UMY ANGKATAN 2021 DAN 2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (394kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (350kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (507kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang: Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk pendidikan keperawatan. Salah satu inovasi yang banyak digunakan adalah ChatGPT, yang mampu membantu mahasiswa dalam memperoleh informasi dan referensi secara cepat. Namun, masih diperlukan bukti empiris mengenai dampak penggunaan ChatGPT terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa keperawatan, khususnya dalam pembelajaran berbasis tutorial. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan teknologi AI ChatGPT dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dalam proses pembelajaran tutorial. Metode: Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan pendekatan crosssectional. Sampel penelitian melibatkan 178 mahasiswa keperawatan angkatan 2021 dan 2022. yang mengikuti pembelajaran tutorial, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa keperawatan UMY menggunakan ChatGPT dalam kategori sedang (51,1%) dan memiliki kemampuan berpikir kritis dalam kategori kurang (63,5%). Analisis statistik menggunakan uji Spearman Rank menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan ChatGPT dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa (p = 0,414; r = 0,062). Kesimpulan: Temuan ini mengindikasikan bahwa meskipun ChatGPT dapat digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran, penggunaannya tidak sertamerta meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam tutorial berbasis PBL.
| Dosen Pembimbing: | Lisa Musharyanti, Dr., S.Kep., Ners., M.Med.Ed. | NIDN0525118001 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | ChatGPT, Critical Thinking, Problem Based Learning, Nursing Student |
| Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Keperawatan |
| Depositing User: | Eko Kurnawan |
| Date Deposited: | 12 Aug 2025 09:40 |
| Last Modified: | 12 Aug 2025 09:40 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52064 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
