CINDY PRIMA WIGATI (2025) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAINILAI KARAKTER PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (423kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (192kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (678kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (578kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (685kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Moral dan karakter generasi muda saat ini semakin tergerus, ditandai dengan meningkatnya kasus-kasus sosial seperti seks bebas, narkoba, tawuran pelajar, korupsi, serta dampak negatif kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya media sosial, yang menyebabkan kemerosotan moral dan kurangnya interaksi sosial. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk menanamkan dan mengembangkan kepribadian serta karakter sejak dini secara kolaboratif antara keluarga, sekolah, universitas, dan masyarakat melalui jalur pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada peserta didik. Pentingnya pendidikan karakter dalam membentuk individu yang berakhlak mulia menjadi landasan penelitian ini. Penenlitian ini melibatkan wawancara mendalam dengan satu guru PAI dan lima peserta didik, serta observasi kegiatan pembelajaran dan keagamaan di sekolah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru PAI memiliki peran yang segnifikan dan multifaset dalam pembentukan karakter peserta didik, yang diwujudkan melalui keteladanan, pembiasaan, nasihat, dan integrasi nilainilai moral dalam proses pembelajaran. Nilai-nilai karakter yang ditekankan antara lain kejujuran, sopan santun, tanggung jawab, dan kedisiplinan, yang terlihat dari perilaku peserta didik dalam interaksi sehari-hari dan ketaatan dalam beribadah. Implementasi peran guru PAI ini berkontribusi positif terhadap pembentukan karakter islami peserta didik. Peserta didik menyatakan bahwa mereka mengikuti ajaran guru PAI, terbukti dari ssspraktik berbicara sopan kepada orang tua, rajin beribadah dan jujur dalam mengerjakan tugas. Kegiatan seperti sholat dhuha berjamaah dan baris-berbaris sebelum masuk kelas juga menjadi media efektif dalam pembentukan karakter peserta didik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keteladanan dan konsistensi guru PAI sangat berpengaruh dalam internalisasi nilai-nilai karakter pada peserta didik. Sedangkan guru PAI menjadi teladan dengan menunjukan perilaku perilaku yang baik dan konsisten dalam mengingatkan peserta didik tentang pentingnya nilai-nilai karakter yang baik seperti, kejujuran, sopan santun, tidak mudah marah, dan disiplin.
| Dosen Pembimbing: | Anita A'isah, S.Psi., M.Psi | NIDN0505078702 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Teachers, Islamic Education, Character, Students |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Eko Kurnawan |
| Date Deposited: | 12 Aug 2025 09:37 |
| Last Modified: | 12 Aug 2025 09:37 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52067 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
