AISA ALMA SABRILA A. (2025) ANALISIS KEPUASAN PASIEN DAN EVALUASI MANAJEMEN PENGELOLAAN OBAT DI INSTALASI FARMASI PUSKESMAS TURI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (545kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (127kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (58kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pelayanan kesehatan merupakan cara meningkatkan kesehatan yang diadakan baik secara mandiri atau bersama-sama. Untuk mewujudkan kepuasan pasien merupakan upaya yang tidak mudah, tidak bisa tercipta hanya dengan waktu yang singkat untuk sementara waktu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kepuasan pasien dan mengevaluasi kegiatan pengelolaan obat di Instalasi Farmasi Puskesmas Turi. Penelitian menggunakan rancangan deskriptif dengan memperoleh beberapa data mulai dari dokumen tahun sebelumnya seperti laporan stock, kartu stock, laporan perencanaan anggaran setiap tahun, laporan anggaran, faktur pembelian, surat pesanan, resep, waktu pelayanan, serta wawancara dengan petugas terkait. Untuk kepuasan pasien merupakan penelitian non-eksperimental secara deskriptifanalitik dengan pendekatan cross sectional kepada pasien yang sedang berobat dan mengambil obat di instalasi farmasi Puskesmas Turi dengan menggunakan kuisioner tertutup untuk mengumpulkan data. Data yang diperoleh merupakan data kuantitatif dan merupakan data primer. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa Pengelolaan obat di Puskesmas Turi pada tahap perencanaan mendapatkan presentase kesesuaian obat yang tersedia dengan DOEN (Daftar Obat Esensial Nasional) sebesar 80,35%, tahap permintaan mendapatkan hasil presentase sebesar 96,77%, tahap penerimaan, penyimpanan, pendistribusian, pengendalian, pencatatan dan pelaporan, sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan No. 74 Tahun 2016. Dan hasil penelitian tentang tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Turi menunjukkan bahwa tingkat kepuasan terbesar pada dimensi kehandalan (70%), dimensi empati (68%) pada dimensi penampilan (68%), selanjutnya dimensi ketanggapan (67%) dan yag terakhir dimensi jaminan (67%) sehingga presentase rata-rata tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Turi Kabupaten Sleman secara keseluruhan sebesar 68% dengan klasifikasi kepuasan adalah puas.
| Dosen Pembimbing: | Sri Tasminatun, apt., S.Si., M.Si. | NIDN0506117102 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Medication Management, Turi Health Center, Evaluation, Patient Satisfaction, Pharmaceutical Services |
| Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Farmasi |
| Depositing User: | Eko Kurnawan |
| Date Deposited: | 12 Aug 2025 09:28 |
| Last Modified: | 12 Aug 2025 09:28 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52075 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
