AISA ALMA SABRILA A. (2025) ANALISIS KEPUASAN PASIEN DAN EVALUASI MANAJEMEN PENGELOLAAN OBAT DI INSTALASI FARMASI PUSKESMAS TURI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (545kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pelayanan kesehatan merupakan cara meningkatkan kesehatan yang diadakan baik secara mandiri atau bersama-sama. Untuk mewujudkan kepuasan pasien merupakan upaya yang tidak mudah, tidak bisa tercipta hanya dengan waktu yang singkat untuk sementara waktu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kepuasan pasien dan mengevaluasi kegiatan pengelolaan obat di Instalasi Farmasi Puskesmas Turi. Penelitian menggunakan rancangan deskriptif dengan memperoleh beberapa data mulai dari dokumen tahun sebelumnya seperti laporan stock, kartu stock, laporan perencanaan anggaran setiap tahun, laporan anggaran, faktur pembelian, surat pesanan, resep, waktu pelayanan, serta wawancara dengan petugas terkait. Untuk kepuasan pasien merupakan penelitian non-eksperimental secara deskriptifanalitik dengan pendekatan cross sectional kepada pasien yang sedang berobat dan mengambil obat di instalasi farmasi Puskesmas Turi dengan menggunakan kuisioner tertutup untuk mengumpulkan data. Data yang diperoleh merupakan data kuantitatif dan merupakan data primer. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa Pengelolaan obat di Puskesmas Turi pada tahap perencanaan mendapatkan presentase kesesuaian obat yang tersedia dengan DOEN (Daftar Obat Esensial Nasional) sebesar 80,35%, tahap permintaan mendapatkan hasil presentase sebesar 96,77%, tahap penerimaan, penyimpanan, pendistribusian, pengendalian, pencatatan dan pelaporan, sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan No. 74 Tahun 2016. Dan hasil penelitian tentang tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Turi menunjukkan bahwa tingkat kepuasan terbesar pada dimensi kehandalan (70%), dimensi empati (68%) pada dimensi penampilan (68%), selanjutnya dimensi ketanggapan (67%) dan yag terakhir dimensi jaminan (67%) sehingga presentase rata-rata tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Turi Kabupaten Sleman secara keseluruhan sebesar 68% dengan klasifikasi kepuasan adalah puas.

Dosen Pembimbing: Sri Tasminatun, apt., S.Si., M.Si. | NIDN0506117102
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Medication Management, Turi Health Center, Evaluation, Patient Satisfaction, Pharmaceutical Services
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Farmasi
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 12 Aug 2025 09:28
Last Modified: 12 Aug 2025 09:28
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52075

Actions (login required)

View Item View Item