MUHAMMAD ZAIDAN AL-FARIZI (2025) ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB DAN FAKTOR-FAKTORNYA SISWA KELAS 5 SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 TAHUN AJARAN 2024/2025. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (2MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (525kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (333kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 merupakan salah satu dari sekian banyak tempat di Yogyakarta yang menawarkan pembelajaran Bahasa Arab di tingkat sekolah dasar. Namun seringkali ditemukan proses pembelajaran yang dilakukan tidak maksimal, dan tentunya permasalahan ini tidak bisa diabaikan begitu saja dan harus segera dikaji untuk mengetahui apa penyebab dari kesulitan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kesulitan belajar bahasa Arab yang dialami oleh siswa kelas 5 SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta serta faktor-faktor penyebabnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam kepada 33 siswa dan 1 guru mata pelajaran bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar yang dialami siswa meliputi empat aspek keterampilan berbahasa, yaitu mendengar (memahami materi), membaca, berbicara, menulis Bahasa Arab, serta keterampilan menghafal kosakata. Kesulitan tersebut dipengaruhi oleh dua faktor utama, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi aspek kognitif (kemampuan berpikir dan mengingat), afektif (motivasi dan minat), serta psikomotorik (keterampilan fisik). Sementara itu, faktor eksternal mencakup lingkungan sosial yang minim penggunaan Bahasa Arab, metode pengajaran yang kurang efektif, materi pembelajaran yang dianggap sulit, pola belajar di rumah yang tidak konsisten, kurangnya kerja sama antar siswa, serta keterbatasan waktu pembelajaran di kelas. Temuan ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran Bahasa Arab, diperlukan pendekatan yang lebih menyeluruh yang melibatkan perbaikan strategi pengajaran, dukungan lingkungan belajar, serta peran aktif keluarga.
| Dosen Pembimbing: | Fitri Zakiyah, Dr., S.Pd.I., M.Pd. | NIDN0524098502 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Learning difficulties, Arabic language, elementary students, language skills |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Eko Kurnawan |
| Date Deposited: | 12 Aug 2025 09:23 |
| Last Modified: | 12 Aug 2025 09:23 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52081 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
