MUHAMMAD ZAIDAN AL-FARIZI (2025) ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB DAN FAKTOR-FAKTORNYA SISWA KELAS 5 SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 TAHUN AJARAN 2024/2025. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 merupakan salah satu dari sekian banyak tempat di Yogyakarta yang menawarkan pembelajaran Bahasa Arab di tingkat sekolah dasar. Namun seringkali ditemukan proses pembelajaran yang dilakukan tidak maksimal, dan tentunya permasalahan ini tidak bisa diabaikan begitu saja dan harus segera dikaji untuk mengetahui apa penyebab dari kesulitan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kesulitan belajar bahasa Arab yang dialami oleh siswa kelas 5 SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta serta faktor-faktor penyebabnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam kepada 33 siswa dan 1 guru mata pelajaran bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar yang dialami siswa meliputi empat aspek keterampilan berbahasa, yaitu mendengar (memahami materi), membaca, berbicara, menulis Bahasa Arab, serta keterampilan menghafal kosakata. Kesulitan tersebut dipengaruhi oleh dua faktor utama, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi aspek kognitif (kemampuan berpikir dan mengingat), afektif (motivasi dan minat), serta psikomotorik (keterampilan fisik). Sementara itu, faktor eksternal mencakup lingkungan sosial yang minim penggunaan Bahasa Arab, metode pengajaran yang kurang efektif, materi pembelajaran yang dianggap sulit, pola belajar di rumah yang tidak konsisten, kurangnya kerja sama antar siswa, serta keterbatasan waktu pembelajaran di kelas. Temuan ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran Bahasa Arab, diperlukan pendekatan yang lebih menyeluruh yang melibatkan perbaikan strategi pengajaran, dukungan lingkungan belajar, serta peran aktif keluarga.

Dosen Pembimbing: Fitri Zakiyah, Dr., S.Pd.I., M.Pd. | NIDN0524098502
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Learning difficulties, Arabic language, elementary students, language skills
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 12 Aug 2025 09:23
Last Modified: 12 Aug 2025 09:23
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52081

Actions (login required)

View Item View Item