ISNAWATI AHMADI (2025) THE EFFECTIVENESS OF JIGSAW LEARNING MODEL ON STUDENTS' READING COMPREHENSION AT AN ISLAMIC PRIVATE HIGH SCHOOL IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (432kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model pembelajaran Jigsaw dalam meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa di salah satu sekolah menengah Islam swasta di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimental yang melibatkan dua kelompok: kelompok eksperimen yang diajarkan menggunakan model Jigsaw dan kelompok kontrol yang diajarkan secara konvensional. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda berisikan 25 soal digunakan pada pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan kemampuan pemahaman membaca siswa. Hasil analisis statistik menunjukkan perbedaan yang signifikan antara hasil post-test kedua kelompok. Kelompok eksperimen memperoleh peningkatan skor yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Dengan demikian, model pembelajaran Jigsaw terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa. Temuan ini merekomendasikan penggunaan model Jigsaw sebagai strategi alternatif dalam pembelajaran membaca di kelas bahasa Inggris, terutama dalam konteks pembelajaran kolaboratif di sekolah berbasis Islam.

Dosen Pembimbing: Mariska Intan Sari, S.S., M.A. | NIDN0520038002
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Jigsaw, reading comprehension, collaborative learning, learning model, Islamic school, high school students
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 12 Aug 2025 09:23
Last Modified: 12 Aug 2025 09:23
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52083

Actions (login required)

View Item View Item