ISNAWATI AHMADI (2025) THE EFFECTIVENESS OF JIGSAW LEARNING MODEL ON STUDENTS' READING COMPREHENSION AT AN ISLAMIC PRIVATE HIGH SCHOOL IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (432kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (277kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model pembelajaran Jigsaw dalam meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa di salah satu sekolah menengah Islam swasta di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimental yang melibatkan dua kelompok: kelompok eksperimen yang diajarkan menggunakan model Jigsaw dan kelompok kontrol yang diajarkan secara konvensional. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda berisikan 25 soal digunakan pada pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan kemampuan pemahaman membaca siswa. Hasil analisis statistik menunjukkan perbedaan yang signifikan antara hasil post-test kedua kelompok. Kelompok eksperimen memperoleh peningkatan skor yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Dengan demikian, model pembelajaran Jigsaw terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa. Temuan ini merekomendasikan penggunaan model Jigsaw sebagai strategi alternatif dalam pembelajaran membaca di kelas bahasa Inggris, terutama dalam konteks pembelajaran kolaboratif di sekolah berbasis Islam.
| Dosen Pembimbing: | Mariska Intan Sari, S.S., M.A. | NIDN0520038002 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Jigsaw, reading comprehension, collaborative learning, learning model, Islamic school, high school students |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Eko Kurnawan |
| Date Deposited: | 12 Aug 2025 09:23 |
| Last Modified: | 12 Aug 2025 09:23 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52083 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
