GANANG WIKAN AZHARYOSO (2025) FAALIYAT KAHOOT KA-ADATIN TAQWIMIYYATIN FI TA'ALLUM AL-LUGHAH AL-'ARABIYYAH LI-TULLAB AS-SHAFF ATH-THAMIN BIL-MADRASAH ATH-THANAWIYYAH AL-HUKUMIYYAH AL-KHAMISAH BI-JAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (2MB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengunaan dan efektivitas media pembelajaran berbasis teknologi, khususnya aplikasi Kahoot, sebagai alat evaluasi pembelajaran Bahasa Arab pada siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri V Jakarta. Permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Arab sering kali muncul dari rendahnya minat belajar siswa, metode evaluasi yang monoton, dan kurangnya interaktivitas dalam media evaluasi yang digunakan. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah kuantitatif komparatif dengan pendekatan non-parametrik menggunakan uji Mann–Whitney, karena data yang diperoleh tidak berdistribusi normal berdasarkan hasil uji Shapiro–Wilk. Data diambil dari hasil tes post-test dua kelompok: kelas eksperimen yang menggunakan media Kahoot dan kelas kontrol yang menggunakan media tertulis, masing-masing sebanyak 50 siswa. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa yang dievaluasi dengan Kahoot lebih tinggi (74,60) dibandingkan dengan yang menggunakan tes tertulis (68,20). Namun, uji Mann–Whitney menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,152 (p > 0,05), yang berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan secara statistik antara kedua media evaluasi tersebut. Dengan demikian, meskipun Kahoot tidak menunjukkan keunggulan signifikan secara statistik, aplikasi ini tetap memiliki nilai positif dalam menciptakan suasana evaluasi yang menyenangkan, meningkatkan partisipasi siswa, dan memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif. Oleh karena itu, Kahoot dapat dijadikan sebagai alternatif metode evaluasi dalam pembelajaran Bahasa Arab yang sejalan dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan generasi digital saat ini.
| Dosen Pembimbing: | Ana Taqwa Wati, Dr., S.Pd.I., M.Pd.I. | NIDN0524108002 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Learning Evaluation, Kahoot, Online Learning Media, Arabic, Madrasah Tsanawiyah |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Eko Kurnawan |
| Date Deposited: | 12 Aug 2025 09:17 |
| Last Modified: | 12 Aug 2025 09:17 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52088 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
