GANANG WIKAN AZHARYOSO (2025) FAALIYAT KAHOOT KA-ADATIN TAQWIMIYYATIN FI TA'ALLUM AL-LUGHAH AL-'ARABIYYAH LI-TULLAB AS-SHAFF ATH-THAMIN BIL-MADRASAH ATH-THANAWIYYAH AL-HUKUMIYYAH AL-KHAMISAH BI-JAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengunaan dan efektivitas media pembelajaran berbasis teknologi, khususnya aplikasi Kahoot, sebagai alat evaluasi pembelajaran Bahasa Arab pada siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri V Jakarta. Permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Arab sering kali muncul dari rendahnya minat belajar siswa, metode evaluasi yang monoton, dan kurangnya interaktivitas dalam media evaluasi yang digunakan. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah kuantitatif komparatif dengan pendekatan non-parametrik menggunakan uji Mann–Whitney, karena data yang diperoleh tidak berdistribusi normal berdasarkan hasil uji Shapiro–Wilk. Data diambil dari hasil tes post-test dua kelompok: kelas eksperimen yang menggunakan media Kahoot dan kelas kontrol yang menggunakan media tertulis, masing-masing sebanyak 50 siswa. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa yang dievaluasi dengan Kahoot lebih tinggi (74,60) dibandingkan dengan yang menggunakan tes tertulis (68,20). Namun, uji Mann–Whitney menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,152 (p > 0,05), yang berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan secara statistik antara kedua media evaluasi tersebut. Dengan demikian, meskipun Kahoot tidak menunjukkan keunggulan signifikan secara statistik, aplikasi ini tetap memiliki nilai positif dalam menciptakan suasana evaluasi yang menyenangkan, meningkatkan partisipasi siswa, dan memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif. Oleh karena itu, Kahoot dapat dijadikan sebagai alternatif metode evaluasi dalam pembelajaran Bahasa Arab yang sejalan dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan generasi digital saat ini.

Dosen Pembimbing: Ana Taqwa Wati, Dr., S.Pd.I., M.Pd.I. | NIDN0524108002
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Learning Evaluation, Kahoot, Online Learning Media, Arabic, Madrasah Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 12 Aug 2025 09:17
Last Modified: 12 Aug 2025 09:17
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52088

Actions (login required)

View Item View Item