AUFA WAFIYUL AMIN (2025) FAALIYAT BARNAMEJ AT-TANMIYAH AL-LUGHAWIYAH AL-MUKATHTHAFAH FI TA'ZIIZ MAHARAT AL-LUGHAH AL-'ARABIYAH LADA THULLAB AL-MADRASAH AL-'AALIYAH AL-ISLAMIYAH LISH-SHAFF AL-'ASHIR LIMADRASAT MARKAZ ASY-SYAIKH IBN BAZ BI-YOGYAKARTA LI'AM AD-DIRAASI 2024-2025. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (755kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (463kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (446kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (714kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program intensif pembinaan Bahasa Arab dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab siswa kelas X di MA Islamic Centre Binbaz Yogyakarta. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya penguasaan Bahasa Arab sebagai bahasa Al-Qur’an dan sumber hukum Islam, yang menjadi kebutuhan mendesak di lingkungan pendidikan Islam, khususnya di pondok pesantren. Program pembinaan intensif dianggap sebagai solusi untuk meningkatkan keterampilan bahasa Arab siswa yang memiliki latar belakang kemampuan yang berbedabeda.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X B Putra yang berjumlah 33 orang. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan bantuan software SPSS untuk uji angket dan nilai pretest-posttest melalui uji-t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa program intensif pembinaan Bahasa Arab cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab siswa. Skor rata-rata pretest adalah 66,2 sedangkan skor rata-rata posttest meningkat menjadi 85,91. Sebelum program, hanya 6,06% siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM), sedangkan setelah program jumlah tersebut meningkat menjadi 87,88%. Hasil uji statistik Paired Samples T-Test menunjukkan nilai signifikansi p = 0.000 (p < 0.05), yang berarti terdapat peningkatan yang signifikan secara statistik antara skor pretest dan posttest. Nilai t = -18.377 menunjukkan ukuran efek yang sangat besar. Rata-rata peningkatan skor sebesar 19.636 poin juga memperkuat bukti efektivitas program.Faktor pendukung keberhasilan program meliputi lingkungan berbahasa Arab, peran aktif guru pembina, dan fasilitas pembelajaran yang memadai. Sementara itu, hambatan yang ditemukan antara lain perbedaan latar belakang siswa, motivasi belajar yang bervariasi, dan kurangnya penguatan kosakata.Dengan demikian, program intensif pembinaan Bahasa Arab layak untuk dipertahankan dan ditingkatkan sebagai strategi peningkatan kualitas penguasaan bahasa Arab di lingkungan pondok pesantren.
| Dosen Pembimbing: | Roojil Fadillah, Lc., M.Pd.I and Fitri Zakiyah, Dr., S.Pd.I., M.Pd. | NIDN0519048801, NIDN0524098502 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Effectiveness, Intensive Program, Language Training, Arabic Proficiency |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Eko Kurnawan |
| Date Deposited: | 12 Aug 2025 09:06 |
| Last Modified: | 12 Aug 2025 09:06 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52092 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
