AUFA WAFIYUL AMIN (2025) FAALIYAT BARNAMEJ AT-TANMIYAH AL-LUGHAWIYAH AL-MUKATHTHAFAH FI TA'ZIIZ MAHARAT AL-LUGHAH AL-'ARABIYAH LADA THULLAB AL-MADRASAH AL-'AALIYAH AL-ISLAMIYAH LISH-SHAFF AL-'ASHIR LIMADRASAT MARKAZ ASY-SYAIKH IBN BAZ BI-YOGYAKARTA LI'AM AD-DIRAASI 2024-2025. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (755kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (446kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program intensif pembinaan Bahasa Arab dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab siswa kelas X di MA Islamic Centre Binbaz Yogyakarta. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya penguasaan Bahasa Arab sebagai bahasa Al-Qur’an dan sumber hukum Islam, yang menjadi kebutuhan mendesak di lingkungan pendidikan Islam, khususnya di pondok pesantren. Program pembinaan intensif dianggap sebagai solusi untuk meningkatkan keterampilan bahasa Arab siswa yang memiliki latar belakang kemampuan yang berbedabeda.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X B Putra yang berjumlah 33 orang. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan bantuan software SPSS untuk uji angket dan nilai pretest-posttest melalui uji-t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa program intensif pembinaan Bahasa Arab cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab siswa. Skor rata-rata pretest adalah 66,2 sedangkan skor rata-rata posttest meningkat menjadi 85,91. Sebelum program, hanya 6,06% siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM), sedangkan setelah program jumlah tersebut meningkat menjadi 87,88%. Hasil uji statistik Paired Samples T-Test menunjukkan nilai signifikansi p = 0.000 (p < 0.05), yang berarti terdapat peningkatan yang signifikan secara statistik antara skor pretest dan posttest. Nilai t = -18.377 menunjukkan ukuran efek yang sangat besar. Rata-rata peningkatan skor sebesar 19.636 poin juga memperkuat bukti efektivitas program.Faktor pendukung keberhasilan program meliputi lingkungan berbahasa Arab, peran aktif guru pembina, dan fasilitas pembelajaran yang memadai. Sementara itu, hambatan yang ditemukan antara lain perbedaan latar belakang siswa, motivasi belajar yang bervariasi, dan kurangnya penguatan kosakata.Dengan demikian, program intensif pembinaan Bahasa Arab layak untuk dipertahankan dan ditingkatkan sebagai strategi peningkatan kualitas penguasaan bahasa Arab di lingkungan pondok pesantren.

Dosen Pembimbing: Roojil Fadillah, Lc., M.Pd.I and Fitri Zakiyah, Dr., S.Pd.I., M.Pd. | NIDN0519048801, NIDN0524098502
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Effectiveness, Intensive Program, Language Training, Arabic Proficiency
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 12 Aug 2025 09:06
Last Modified: 12 Aug 2025 09:06
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52092

Actions (login required)

View Item View Item