ALVINA WINDY PIHANY (2025) PENGARUH INFORMASI BIAYA, PRAKTIK INOVASI LINGKUNGAN, DAN GENDER TERHADAP PERFORMA PENGEMBANGAN PRODUK BARU: STUDI EKSPERIMEN PADA MAHASISWA FEB UMY. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh informasi biaya, praktik inovasi lingkungan, dan gender terhadap performa pengembangan produk baru. Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kebutuhan perusahaan untuk menghasilkan produk baru yang tidak hanya inovatif tetapi juga efisien secara biaya, serta perlunya memahami bagaimana karakter individu seperti gender dapat memengaruhi pemrosesan strategi informasi dalam proses pengambilan keputusan desain produk. Dalam konteks ini, penting bagi perusahaan untuk mengetahui bagaimana strategi penyampaian informasi yang tepat, agar keputusan yang diambil oleh tim pengembang produk dapat lebih efektif dan sesuai dengan tujuan organisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuantitatif dengan desain faktorial 2x2. Penelitian ini terdiri dari dua perlakuan utama, yaitu jenis informasi biaya (spesifik vs relatif) dan praktik inovasi lingkungan (ada vs tidak ada), serta satu variabel demografi alami yaitu gender (laki-laki dan perempuan). Partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang telah menempuh mata kuliah Akuntansi Biaya dan Manajemen Biaya. Pemilihan partisipan ini didasarkan pada asumsi bahwa mereka telah memiliki pemahaman dasar terkait informasi biaya dan pengambilan keputusan berbasis data akuntansi. Total partisipan dalam eksperimen ini berjumlah 117 orang yang secara acak dibagi ke dalam empat kelompok perlakuan. Instrumen penelitian berupa skenario eksperimen dan lembar kerja keputusan desain. Partisipan diminta mengambil keputusan desain produk berdasarkan informasi biaya dan strategi keberlanjutan yang berbeda, kemudian hasil keputusan dinilai sebagai ukuran performa pengembangan produk baru. Analisis data dilakukan menggunakan uji ANOVA untuk menguji pengaruh masing-masing variabel dan interaksinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh langsung dari informasi biaya, praktik inovasi lingkungan, maupun gender terhadap performa pengembangan produk baru. Namun, ditemukan interaksi yang signifikan antara informasi biaya dan gender, serta antara praktik inovasi lingkungan dan gender. Temuan ini mendukung teori kontingensi yang menyatakan bahwa efektivitas strategi sangat bergantung pada karakteristik individu yang menerima strategi tersebut. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa strategi organisasi perlu disampaikan dengan pendekatan yang disesuaikan dengan karakter personal tim pengambil keputusan.

Dosen Pembimbing: Dyah Ekaari Sekar Jatiningsih, Dr., S.E., Akt., M.Sc. | NIDN0516077501
Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: cost information, environmental innovation practices, gender, new product development
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Akuntansi
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 12 Aug 2025 09:01
Last Modified: 12 Aug 2025 09:01
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52096

Actions (login required)

View Item View Item