DUHITA KALYANA DIWYACITTA (2025) A QUALITATIVE EXAMINATION OF STUDENT EXPERIENCES WITH PERPLEXITY AI IN WRITING ASSIGNMENTS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (444kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (186kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kecerdasan buatan telah berkembang pesat, meningkatkan produktivitas di berbagai bidang, termasuk pendidikan, di mana alat seperti Perplexity AI banyak digunakan oleh mahasiswa sebagai asisten penulisan. Studi ini mengeksplorasi pengalaman mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dalam menggunakan Perplexity AI untuk tugas penulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat dan tantangan spesifik yang dirasakan mahasiswa dalam menggunakan Perplexity AI untuk tugas penulisan. Metode kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan melalui wawancara dengan enam mahasiswa sarjana dari Departemen Pendidikan Bahasa Inggris, Angkatan 2021. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perplexity AI memiliki manfaat dan tantangan. Mahasiswa menyatakan bahwa ada beberapa manfaat saat menggunakan Perplexity AI, seperti membantu dalam menghasilkan ide, menyediakan sumber referensi, merangkum hasil yang diberikan, meningkatkan keterampilan menulis, menghemat waktu, dan memfasilitasi interaksi gratis tanpa batas. Selain itu, mahasiswa juga mengungkapkan berbagai tantangan yang mereka hadapi, meliputi mengatasi sumber yang tidak akurat melalui peran pengguna, menyelaraskan referensi yang disarankan AI dengan standar akademik, kebingungan terhadap fungsi fitur Perplexity AI, dan mengelola ketergantungan.
| Dosen Pembimbing: | Endro Dwi Hatmanto, S.Pd., M.A., Ph.D | NIDN0526077202 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Artificial Intelligence (AI), Perplexity AI, ELED students, Writing assignment, Student experience |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Eko Kurnawan |
| Date Deposited: | 12 Aug 2025 09:00 |
| Last Modified: | 12 Aug 2025 09:00 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52098 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
