DUHITA KALYANA DIWYACITTA (2025) A QUALITATIVE EXAMINATION OF STUDENT EXPERIENCES WITH PERPLEXITY AI IN WRITING ASSIGNMENTS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (444kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kecerdasan buatan telah berkembang pesat, meningkatkan produktivitas di berbagai bidang, termasuk pendidikan, di mana alat seperti Perplexity AI banyak digunakan oleh mahasiswa sebagai asisten penulisan. Studi ini mengeksplorasi pengalaman mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dalam menggunakan Perplexity AI untuk tugas penulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat dan tantangan spesifik yang dirasakan mahasiswa dalam menggunakan Perplexity AI untuk tugas penulisan. Metode kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan melalui wawancara dengan enam mahasiswa sarjana dari Departemen Pendidikan Bahasa Inggris, Angkatan 2021. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perplexity AI memiliki manfaat dan tantangan. Mahasiswa menyatakan bahwa ada beberapa manfaat saat menggunakan Perplexity AI, seperti membantu dalam menghasilkan ide, menyediakan sumber referensi, merangkum hasil yang diberikan, meningkatkan keterampilan menulis, menghemat waktu, dan memfasilitasi interaksi gratis tanpa batas. Selain itu, mahasiswa juga mengungkapkan berbagai tantangan yang mereka hadapi, meliputi mengatasi sumber yang tidak akurat melalui peran pengguna, menyelaraskan referensi yang disarankan AI dengan standar akademik, kebingungan terhadap fungsi fitur Perplexity AI, dan mengelola ketergantungan.

Dosen Pembimbing: Endro Dwi Hatmanto, S.Pd., M.A., Ph.D | NIDN0526077202
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Artificial Intelligence (AI), Perplexity AI, ELED students, Writing assignment, Student experience
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 12 Aug 2025 09:00
Last Modified: 12 Aug 2025 09:00
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52098

Actions (login required)

View Item View Item