JATIYASA EGA SANJAYA (2025) POTENSI KETERLAMBATAN PEMBANGUNAN JALAN NASIONAL LINTAS SELATAN D.I.YOGYAKARTA DAN UPAYA PENCEGAHANNYA (STUDI KASUS : PEMBANGUNAN JALAN BARU KRETEK GIRIJATI). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (847kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pembangunan infrastruktur jalan merupakan salah satu prioritas strategis dalam mendukung konektivitas wilayah, termasuk proyek Jalan Nasional Lintas Selatan (JJLS) segmen Kretek–Girijati di D.I. Yogyakarta. Namun, potensi keterlambatan dalam pelaksanaan proyek ini dapat menimbulkan dampak negatif dari sisi waktu, biaya, dan kualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berpotensi menyebabkan keterlambatan serta mengembangkan upaya pencegahannya. Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif melalui observasi lapangan, wawancara, serta penyebaran kuesioner kepada pihakpihak terkait dalam proyek. Data dianalisis menggunakan pendekatan matriks risiko (Risk = Probability × Impact) untuk menentukan tingkat keparahan tiap faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pekerjaan struktur memiliki tingkat risiko tertinggi (rata-rata 5,86) yang tergolong risiko sedang, disusul pekerjaan tanah (5,85) yang tergolong risiko sedang, pekerjaan persiapan (5,64) yang tergolong risiko sedang, dan pekerjaan gorong-gorong (4,34) yang tergolong risiko ringan, sehingga rata-rata nilai risiko semua pekerjaan (5,42) tergolong risiko sedang. Faktor dominan yang memengaruhi keterlambatan antara lain: keberadaan batuan keras yang tak terduga, kerusakan alat berat, medan mobilisasi ekstrem, keterlambatan pengiriman material, dan cuaca buruk. Untuk mengatasi potensi keterlambatan tersebut, di sejumlah strategi seperti perencanaan logistik yang lebih matang, pengecekan rutin alat berat, analisis geologis awal yang lebih teliti, serta pengawasan ketat terhadap keselamatan dan manajemen proyek. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam meningkatkan efektivitas pelaksanaan proyek infrastruktur di masa mendatang.

Dosen Pembimbing: Muhammad Heri Zulfiar, Dr. Ir., S.T., M.T. | NIDN0515026701
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: highway, project delay, risk management, delay prevention, construction project
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 12 Aug 2025 08:59
Last Modified: 12 Aug 2025 08:59
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52099

Actions (login required)

View Item View Item