FERY MAULANA AZMI (2025) EFEKTIVITAS VIDEO KECERDASAN BUATAN DAN PENGGUNAANNYA DALAM PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB DI SEKOLAH AL-HAMIDIYA TANUR (STUDI PERBANDINGAN) UNTUK TAHUN AJARAN 2024/2025. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (932kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (3MB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (720kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media Video Artificial Intelligence (AI) dan Plotagon dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab siswa kelas VII di MTs Muhammadiyah Batur. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya minat belajar dan penguasaan kosakata Bahasa Arab siswa yang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang masih konvensional dan kurang menarik. Dalam menjawab tantangan tersebut, penelitian ini mengkaji dua media pembelajaran berbasis teknologi yang bersifat audio-visual. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain true eksperimen. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media video AI dan kelas kontrol yang menggunakan media Plotagon. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda dan essay (post-test only) yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji-t dua sampel independen. Hasil analisis menunjukkan bahwa baik media Video AI maupun Plotagon efektif digunakan dalam pembelajaran kosakata Bahasa Arab. Namun, berdasarkan uji-t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.157 (p > 0.05), yang berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kedua kelompok. Secara deskriptif, media Video AI menunjukkan rata-rata hasil belajar yang lebih tinggi dibanding Plotagon. Dengan demikian, kedua media memiliki potensi untuk diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Arab secara inovatif dan menarik. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar di sekolah.
| Dosen Pembimbing: | Roojil Fadillah, Lc., M.Pd.I | NIDN0519048801 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Artificial Intelligence Video, Plotagon, Learning Media, Arabic Vocabulary |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Eko Kurnawan |
| Date Deposited: | 12 Aug 2025 08:58 |
| Last Modified: | 12 Aug 2025 08:58 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52101 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
