FERY MAULANA AZMI (2025) EFEKTIVITAS VIDEO KECERDASAN BUATAN DAN PENGGUNAANNYA DALAM PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB DI SEKOLAH AL-HAMIDIYA TANUR (STUDI PERBANDINGAN) UNTUK TAHUN AJARAN 2024/2025. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (932kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media Video Artificial Intelligence (AI) dan Plotagon dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab siswa kelas VII di MTs Muhammadiyah Batur. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya minat belajar dan penguasaan kosakata Bahasa Arab siswa yang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang masih konvensional dan kurang menarik. Dalam menjawab tantangan tersebut, penelitian ini mengkaji dua media pembelajaran berbasis teknologi yang bersifat audio-visual. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain true eksperimen. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media video AI dan kelas kontrol yang menggunakan media Plotagon. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda dan essay (post-test only) yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji-t dua sampel independen. Hasil analisis menunjukkan bahwa baik media Video AI maupun Plotagon efektif digunakan dalam pembelajaran kosakata Bahasa Arab. Namun, berdasarkan uji-t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.157 (p > 0.05), yang berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kedua kelompok. Secara deskriptif, media Video AI menunjukkan rata-rata hasil belajar yang lebih tinggi dibanding Plotagon. Dengan demikian, kedua media memiliki potensi untuk diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Arab secara inovatif dan menarik. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar di sekolah.

Dosen Pembimbing: Roojil Fadillah, Lc., M.Pd.I | NIDN0519048801
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Artificial Intelligence Video, Plotagon, Learning Media, Arabic Vocabulary
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 12 Aug 2025 08:58
Last Modified: 12 Aug 2025 08:58
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52101

Actions (login required)

View Item View Item