NAUFAL ULWAN AL BAHRI (2025) PENGARUH PENGGUNAAN METODE LAGU ARAB TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA KELAS DELAPAN SEKOLAH MENENGAH NUR AL-RASYIDIYAH DI KOTA BOGOR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (3MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (629kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (2MB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (897kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Pembelajaran Bahasa Arab di tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) masih menghadapi berbagai tantangan kompleks, khususnya dalam aspek motivasi belajar peserta didik. Salah satu kendala utama yang kerap dijumpai di lapangan adalah penggunaan metode pembelajaran yang bersifat konvensional, monoton, dan kurang variatif, sehingga menurunkan semangat belajar dan menyebabkan siswa beberapa persen saja tertarik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Bahasa Arab. Oleh karena itu, diperlukan pendetakan pembelajaran yang bersifat inovatif dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh metode lagu Arab terhadap peningkatan motivasi belajar Bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs Nuroshidiyah Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen yang melibatkan dua kelompok kelas (A1 dan A2) sebagai sampel penelitian. Jumlah responden sebanyak 16 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling berdasarkan karakteristik tertentu, seperti kemampuan memahami materi, minat belajar yang baik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, penyebaran angket (kuesioner) sebelum dan sesudah perlakuan (pre-test dan post-test), serta dokumentasi kegiatan pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Paired Sample T-Test untuk mengetahui perbedaan signifikan antara motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan metode lagu Arab. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan, dengan nilai signifikansi < 0,05. Hal ini menandakan bahwa metode lagu Arab berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran Bahasa Arab. Kesimpulannya, metode lagu Arab dapat dijadikan sebagai strategi pembelajaran yang efektif, inovatif, dan menyenangkan untuk meningkatkan motivasi serta kualitas pembelajaran Bahasa Arab di tingkat Madrasah Tsanawiyah.
| Dosen Pembimbing: | Fitri Zakiyah, Dr., S.Pd.I., M.Pd. | NIDN0524098502 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Song Method, Learning Motivation, Arabic Language |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Eko Kurnawan |
| Date Deposited: | 12 Aug 2025 08:43 |
| Last Modified: | 12 Aug 2025 08:43 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52102 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
