NAUFAL ULWAN AL BAHRI (2025) PENGARUH PENGGUNAAN METODE LAGU ARAB TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA KELAS DELAPAN SEKOLAH MENENGAH NUR AL-RASYIDIYAH DI KOTA BOGOR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (897kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Pembelajaran Bahasa Arab di tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) masih menghadapi berbagai tantangan kompleks, khususnya dalam aspek motivasi belajar peserta didik. Salah satu kendala utama yang kerap dijumpai di lapangan adalah penggunaan metode pembelajaran yang bersifat konvensional, monoton, dan kurang variatif, sehingga menurunkan semangat belajar dan menyebabkan siswa beberapa persen saja tertarik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Bahasa Arab. Oleh karena itu, diperlukan pendetakan pembelajaran yang bersifat inovatif dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh metode lagu Arab terhadap peningkatan motivasi belajar Bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs Nuroshidiyah Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen yang melibatkan dua kelompok kelas (A1 dan A2) sebagai sampel penelitian. Jumlah responden sebanyak 16 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling berdasarkan karakteristik tertentu, seperti kemampuan memahami materi, minat belajar yang baik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, penyebaran angket (kuesioner) sebelum dan sesudah perlakuan (pre-test dan post-test), serta dokumentasi kegiatan pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Paired Sample T-Test untuk mengetahui perbedaan signifikan antara motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan metode lagu Arab. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan, dengan nilai signifikansi < 0,05. Hal ini menandakan bahwa metode lagu Arab berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran Bahasa Arab. Kesimpulannya, metode lagu Arab dapat dijadikan sebagai strategi pembelajaran yang efektif, inovatif, dan menyenangkan untuk meningkatkan motivasi serta kualitas pembelajaran Bahasa Arab di tingkat Madrasah Tsanawiyah.

Dosen Pembimbing: Fitri Zakiyah, Dr., S.Pd.I., M.Pd. | NIDN0524098502
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Song Method, Learning Motivation, Arabic Language
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 12 Aug 2025 08:43
Last Modified: 12 Aug 2025 08:43
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52102

Actions (login required)

View Item View Item