SHERRINA (2025) MANAJEMEN PENGELOLAAN AKUN INSTAGRAM @COFFEEMARKET__ SEBAGAI MEDIA PROMOSI COFFEE SHOP DI YOGYAKARTA TAHUN 2025. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (473kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (635kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji bagaimana manajemen pengelolaan akun media sosial Instagram @coffeemarket__ tahun 2025. @coffeemarket__ adalah akun reviewer coffee shop di Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan data yang diperoleh melalui wawancara, analisis dokumen, serta uji validitas data trigulasi sumber. Akun ini melaksanakan POAC sebagai manajemen media akunnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap planning menentukan tujuan serta ide konten, membagi jenis target audiens, dan membuat jadwal konten. Pembuatan akun ini bertujuan untuk menjawab keresahan orang-orang yang kesulitan mencari akun reviewer secara spesifik membahas kopi dengan membagi target audiensnya menjadi tiga yaitu tyas, fika, dan firman. Penjadwalan konten telah ditetapkan empat konten dalam seminggu. Pada tahap organizing terdapat pembagian jobdesk meskipun begitu, pembagian divisi tidak terlalu berarti dikarenakan setiap orang tetap melakukan kegiatan bersama-sama. Pada tahap actuating, terdapat 76 postingan dan penggunaan fitur Instagram seperti broadcast channel, komentar dan direct message untuk berinteraksi. Pada tahap controlling, penggunaan fitur metaads untuk memantau serta menambah insight dilakukan pada tahap pelaksanaan dan berguna untuk evaluasi yang dilakukan setiap bulan melihat engagement akun. Pada proses pengelolaan akun ini menggunakan perspektif SOME dengan hasil bahwa pada pertama, share @coffeemarket__ memilih Instagram karena keberadaan fitur-fitur yang menampilkan visual foto sebagai fokus utama untuk kontennya. Kedua, optimize menggunakan fitur untuk berdiskusi secara langsung dan menarik perhatian audiens yang memungkinkan mereka untuk mengukur tingkat keterlibatannya. Ketiga, manage dengam respon yang cepat menjadi strategi dalam mengatur pengelolaan akun dengan melihat konten seperti digemari audiens. Terakhir, engage keterlibatan audiens diperkuat dengan melihat insight serta engagement pada akun.

Dosen Pembimbing: Muhammad Muttaqien, S.I.Kom., M.Sn. | NIDN0520118701
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Account Management, Instagram, Promotional Media, Coffee Shop, Coffeemarket
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 12 Aug 2025 08:55
Last Modified: 12 Aug 2025 08:55
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52103

Actions (login required)

View Item View Item