SHERRINA (2025) MANAJEMEN PENGELOLAAN AKUN INSTAGRAM @COFFEEMARKET__ SEBAGAI MEDIA PROMOSI COFFEE SHOP DI YOGYAKARTA TAHUN 2025. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (473kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (635kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (650kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (822kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (539kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji bagaimana manajemen pengelolaan akun media sosial Instagram @coffeemarket__ tahun 2025. @coffeemarket__ adalah akun reviewer coffee shop di Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan data yang diperoleh melalui wawancara, analisis dokumen, serta uji validitas data trigulasi sumber. Akun ini melaksanakan POAC sebagai manajemen media akunnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap planning menentukan tujuan serta ide konten, membagi jenis target audiens, dan membuat jadwal konten. Pembuatan akun ini bertujuan untuk menjawab keresahan orang-orang yang kesulitan mencari akun reviewer secara spesifik membahas kopi dengan membagi target audiensnya menjadi tiga yaitu tyas, fika, dan firman. Penjadwalan konten telah ditetapkan empat konten dalam seminggu. Pada tahap organizing terdapat pembagian jobdesk meskipun begitu, pembagian divisi tidak terlalu berarti dikarenakan setiap orang tetap melakukan kegiatan bersama-sama. Pada tahap actuating, terdapat 76 postingan dan penggunaan fitur Instagram seperti broadcast channel, komentar dan direct message untuk berinteraksi. Pada tahap controlling, penggunaan fitur metaads untuk memantau serta menambah insight dilakukan pada tahap pelaksanaan dan berguna untuk evaluasi yang dilakukan setiap bulan melihat engagement akun. Pada proses pengelolaan akun ini menggunakan perspektif SOME dengan hasil bahwa pada pertama, share @coffeemarket__ memilih Instagram karena keberadaan fitur-fitur yang menampilkan visual foto sebagai fokus utama untuk kontennya. Kedua, optimize menggunakan fitur untuk berdiskusi secara langsung dan menarik perhatian audiens yang memungkinkan mereka untuk mengukur tingkat keterlibatannya. Ketiga, manage dengam respon yang cepat menjadi strategi dalam mengatur pengelolaan akun dengan melihat konten seperti digemari audiens. Terakhir, engage keterlibatan audiens diperkuat dengan melihat insight serta engagement pada akun.
| Dosen Pembimbing: | Muhammad Muttaqien, S.I.Kom., M.Sn. | NIDN0520118701 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Account Management, Instagram, Promotional Media, Coffee Shop, Coffeemarket |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Eko Kurnawan |
| Date Deposited: | 12 Aug 2025 08:55 |
| Last Modified: | 12 Aug 2025 08:55 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52103 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
