ALFAN CAHYADIANSYAH (2025) PENGELOLAAN KONTEN MEDIA SOSIAL PONDOK PESANTRENAL-IKHLAS TALIWANG SEBAGAI MEDIA PROMOSI PONDOK PESANTREN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (963kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana Pondok Pesantren Al-Ikhlas Taliwang mengelola konten media sosialnya untuk keperluan promosi. Pada zaman sekarang, media sosial sudah menjadi alat yang penting untuk menyebarkan informasi dan membangun reputasi lembaga pendidikan, termasuk pesantren. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data lewat wawancara mendalam, pengamatan tidak langsung, dan dokumentasi. Teori yang dipakai adalah 4C (Context, Communication, Collaboration, Connection) dari Chris Heuer dan AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) dari E. St. Elmo Lewis. Hasil menunjukkan bahwa walaupun Pondok Pesantren Al-Ikhlas Taliwang sudah menggunakan media sosial seperti Instagram dan Facebook, pengelolaannya masih belum optimal. Kendala yang dihadapi antara lain kurang adanya perencanaan konten yang matang, interaksi dua arah dengan pengikut yang masih terbatas, dan kerja sama dalam membuat konten yang belum berjalan dengan baik. Meski begitu, media sosial tetap memberikan manfaat besar dalam meningkatkan ketenaran pesantren dan menyebarkan informasi kepada masyarakat luas.

Dosen Pembimbing: Imam Suprabowo, Dr., S.Sos.I., M.Pd.I. | NIDN0513028702
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Social Media, Content Management, Islamic Boarding School, Promotion
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 12 Aug 2025 08:37
Last Modified: 12 Aug 2025 08:37
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52105

Actions (login required)

View Item View Item