ALIF SADAM ALGHOZA (2025) TATSIR AL-WAD'I AL-IJTIMA'I WAL-IQTISADI LIL-WALIDAYN 'ALA NATAIJ TA'ALLUM AL-LUGHAH AL-'ARABIYYAH LADA TULLAB MADRASAH AL-QURANI AD-DUHA AL-IBTIDAIYYAH PANGKAL PINANG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (686kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (703kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (266kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (441kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada adanya kesenjangan capaian akademik antar siswa yang diduga dipengaruhi oleh kondisi ekonomi keluarga, khususnya dalam hal dukungan fasilitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa SD IT Qurani Adh-Dhuhaa Pangkalpinang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV hingga VI yang berjumlah 85 siswa. Namun, sampel data yang dianalisis berasal dari 35 siswa yang mengisi kuesioner secara lengkap dan valid melalui Google Form, sehingga jumlah tersebut menjadi sampel aktif dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel menggunakan pendekatan purposive sampling dari responden yang memenuhi kriteria. Data dikumpulkan melalui kuesioner untuk mengukur status sosial ekonomi orang tua dan dokumentasi nilai rapor sebagai indikator hasil belajar Bahasa Arab siswa. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, uji korelasi Pearson, dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa, dengan nilai signifikansi sebesar 0,025 (p < 0,05). Nilai koefisien korelasi sebesar -0,379 mengindikasikan adanya hubungan negatif yang lemah hingga sedang, yang berarti semakin tinggi status sosial ekonomi orang tua, cenderung semakin rendah hasil belajar Bahasa Arab siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan belajar siswa tidak hanya ditentukan oleh latar belakang ekonomi keluarga, tetapi juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti motivasi, dukungan sekolah, dan lingkungan belajar.
| Dosen Pembimbing: | Fitri Zakiyah, Dr., S.Pd.I., M.Pd. | NIDN0524098502 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Socioeconomic status, Learning Outcomes, Arabic, Primary students |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Eko Kurnawan |
| Date Deposited: | 12 Aug 2025 08:29 |
| Last Modified: | 12 Aug 2025 08:29 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52112 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
