ALIF SADAM ALGHOZA (2025) TATSIR AL-WAD'I AL-IJTIMA'I WAL-IQTISADI LIL-WALIDAYN 'ALA NATAIJ TA'ALLUM AL-LUGHAH AL-'ARABIYYAH LADA TULLAB MADRASAH AL-QURANI AD-DUHA AL-IBTIDAIYYAH PANGKAL PINANG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (686kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada adanya kesenjangan capaian akademik antar siswa yang diduga dipengaruhi oleh kondisi ekonomi keluarga, khususnya dalam hal dukungan fasilitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa SD IT Qurani Adh-Dhuhaa Pangkalpinang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV hingga VI yang berjumlah 85 siswa. Namun, sampel data yang dianalisis berasal dari 35 siswa yang mengisi kuesioner secara lengkap dan valid melalui Google Form, sehingga jumlah tersebut menjadi sampel aktif dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel menggunakan pendekatan purposive sampling dari responden yang memenuhi kriteria. Data dikumpulkan melalui kuesioner untuk mengukur status sosial ekonomi orang tua dan dokumentasi nilai rapor sebagai indikator hasil belajar Bahasa Arab siswa. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, uji korelasi Pearson, dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa, dengan nilai signifikansi sebesar 0,025 (p < 0,05). Nilai koefisien korelasi sebesar -0,379 mengindikasikan adanya hubungan negatif yang lemah hingga sedang, yang berarti semakin tinggi status sosial ekonomi orang tua, cenderung semakin rendah hasil belajar Bahasa Arab siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan belajar siswa tidak hanya ditentukan oleh latar belakang ekonomi keluarga, tetapi juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti motivasi, dukungan sekolah, dan lingkungan belajar.

Dosen Pembimbing: Fitri Zakiyah, Dr., S.Pd.I., M.Pd. | NIDN0524098502
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Socioeconomic status, Learning Outcomes, Arabic, Primary students
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 12 Aug 2025 08:29
Last Modified: 12 Aug 2025 08:29
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52112

Actions (login required)

View Item View Item